PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI TERASKILL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING (STUDI KASUS : PT. MEDIA KREASI ABADI)

Apriliani, Sherin Dwi (2023) PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI TERASKILL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING (STUDI KASUS : PT. MEDIA KREASI ABADI). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan.pdf

Download (821kB) | Preview
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Poster.pdf] Text
Poster.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran e-learning merupakan salah satu transformasi paling signifikan yang dilakukan oleh hampir seluruh lembaga pendidikan. E-learning dalam pendapat Khan, merupakan inovasi dari suatu pendekatan yang memusatkan peserta didik dalam pembelajaran interaktif, distribusi desain yang baik, serta memberikan sarana dan prasarana bagi lingkungan pembelajaran. Teraskill merupakan aplikasi e-learning yang dikembangkan PT.Media Kreasi Abadi berbasis web dan mobile. Teraskill dikembangkan berdasarkan kebutuhan pelanggan yang didapatkan melalui proses identifikasi masalah dengan hasil platform online course yang menarwarkan berbagai macam materi yang tidak spesifik, kualitas konten pembelajaran yang tidak menarik dan pembelajaran dengan tidak adanya sertifikat verifikasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu Mengimplementasikan Design Thinking pada perancangan UI/UX aplikasi Teraskill dan menguji aplikasi dengan menggunakan skrenario tugas dan System Usability Scale (SUS). Dalam perancangannya menggunakan metode design thinking. Dimana Design thinking adalah kerangka pemecahan masalah yang dapat menghasilkan inovasi menekankan pemahaman terhadap kebutuhan pengguna dan menciptakan solusi yang berorientasi pada pengguna Pendekatan berpusat pada pengguna ini memungkinkan pengembangan solusi yang lebih inovatif dan kreatif. fokus pada masalah yang kompleks, dan penekanan pada kreativitas dan fleksibilitas dalam design thinking menjadikannya alat yang sangat kuat untuk mempromosikan inovasi dibandingkan dengan pendekatan lain seperti lean startup atau Six Sigma. Hasil dari penelitian ini merupakan sebuah rancangan prototype yang telah diuji dengan menggunakan scenario tugas dan System usability scale (SUS). Dengan hasil scenario tugas mendapatkan nilai report sebesar 81 dengan testers sebanyak 10 orang dengan hasil testing Maze 90% Sukses, 10% tidak selesai, 32,7% miscklik, dan rata-rata durasi test 41,9s dan SUS skors rata-rata SUS dari semua responden adalah 73,86. Menurut skala mutu rata-rata skor SUS berada pada grade “C” dan “Acceptable”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201910370311186
Keywords: Design thingking, Skenario Tugas, System usability scale (SUS), E-learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: 201910370311186 sherindwi05
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:33
Last Modified: 21 Nov 2023 02:33
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item
View Item