PENGARUH SALINITAS DAN TIGA MACAM GLOMUS (MIKORIZA) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI (Glycine max L. Merrill) var. WILIS

Widya Lathifah, Widya Lathifah (2006) PENGARUH SALINITAS DAN TIGA MACAM GLOMUS (MIKORIZA) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI (Glycine max L. Merrill) var. WILIS. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_SALINITAS_DAN_TIGA_MACAM_GLOMUS.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat salinitas garam dan spesies Glomus (mikoriza) yang sesuai pada tanaman kedelai sehingga beradaptasi dengan baik di lahan salin. Percobaan ini dilakukan di Kebun Percobaan, Laboratorium Biologi dan labooratorium Kimia Universitas Muhammadiyah Malang mulai bulan September sampai dengan Desember 2005. Percobaan menggunakan rancangan petak terbagi yang diulang 3 kali dengan 2 faktor yang melibatkan 3 macam Glomus petak utama) dan 3 tingkat salinitas tanah (anak petak). Petak utama adalah macam Glomus yang terdiri atas G0 (tanpa inokulasi), G1 (Glomus fasiculatum), G2 (Glomus etunicatum) dan G3 (Glomus mossae). Sedangkan anak petak terdiri atas salinitas yang digunakan (N) yang terdiri atas N0 (1,4 dS/ m), N1 (3,05 dS/ m) dan N2 (4,7 dS/ m). Pengamatan mulai dilakukan setelah tanaman berumur 7 hari setelah inokulasi (HSI), dengan selang waktu pengamatan 7 hari untuk parameter tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah bunga dan jumlah polong. Sedangkan untuk parameter persentase infeksi akar dan luas daun dilakukan selang waktu 14 hari. Parameter kandungan P tanaman dilakukan pada hari ke 70 HSI. Untuk parameter berat kering 100 biji dilakukan pada umur 88 HSI. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa interaksi antara macam Glomus dan salinitas tanah berpengaruh pada peningkatan jumlah akar terinfeksi pada tanaman yang diinokulasi dengan G. mosseae dan peningkatan berat kering akar tanaman yang diinokulasi dengan G. etunicatum pada tingkat salinitas tanah 1,40 dS/m. Serapan posfor meningkat dari salinitas tanah dari 1,40 dS/m sampai 4,70 dS/m oleh tiga macam Glomus berturut-turut dari yang tertinggi adalah G. mosseae, G. fasiculatum, dan G. etunicatum. Pada perlakuan macam Glomus, tiga macam glomus mempunyai kemampuan yang sama dalam meningkatkan jumlah akar terinfeksi. Sedangkan pada perlakuan salinitas tanah, tinggi tanaman dan jumlah daun menurun pada umur 7 HSI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agronomy
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 05 Jul 2012 07:40
Last Modified: 05 Jul 2012 07:40
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11193

Actions (login required)

View Item View Item