ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG DIPREDIKSI BANGKRUT PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ)

GAGARIN NITA, SISKA (2006) ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG DIPREDIKSI BANGKRUT PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_KINERJA_KEUANGAN_PADA_PERUSAHAAN_YANG_DIPREDIKSI__BANGKRUT_PADA_PERUSAHAAN_MAKANAN_DAN_MINUMAN_YANG_TERCATAT_DI_BURSA_EFEK_JAKARTA.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian yang bersifat studi kasus, yaitu jenis penelitian yang berisikan paparan atau data yang relevan dari hasil penelitian pada obyek penelitian yang mencoba mengetahui dan memecahkan permasalahan yang dihadapi perusahaan. Pada penelitian akan dilakukan analisis terhadap laporan keungan perusahan pada perusahaan makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan makanan dan minuman yang diprediksi menga.lami kebangkrutan di Bursa Efek Jakarta (BEJ) ditinjau dari rasio likuiditas, rasio leverage dan rasio profitabilitas. Adapun kegunaan penelitian bagi investor, dapat dipakai untuk menentukan sikap terhadap sekuritas atau modal yang dimilikinya dan untuk menilai performance sebuah perusahaan makanan dan minuman sebelum mengambil keputusan untuk menanamkan modalnya pada sebuah perusahaan melalui pasar modal. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis rasio keuangan yang meliputi rasio likuiditas, rasio leverage dan rasio profitabilitas. Kinerja perusahaan pada perusahaan-perusahaan yang diprediksi mengalami kebangkrutan pada tahun 2004 dapat diuraikan bahwa PT. Sinar Mas Argo dan PT. Mayora, Tbk. merupakan perusahaan yang masuk dalam kategori sehat. PT. Ultra Milk Jaya, Tbk. dan PT. Sekar Laut, Tbk. termasuk perusahaan yang diprediksi mengalami kebangkrutan pada tahun 2004 yang memiliki kinerja keuangan yang masuk dalam kategori tidak sehat, sedangkan PT. Siantor Top, Tbk. merupakan perusahaan yang memiliki kinerja keuangan stabil. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ternyata bahwa pada perusahaan yang diprediksi bangkrut belum tentu kinerja keuangannya mengalami penurunan. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu diharapkan dalam menentukan atau memilih saham guna melakukan investasi diharapkan para investor bersikap hati-hati serta selalu mengikuti perkembangan kinerja yang melakukan transaksi pada bursa saham. Bagi peneliti selanjutnya yang berminat untuk melanjutkan penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan penelitiannya untuk melihat kinerja keuangan pada perusahaan yang diprediksi mengalami kebangkrutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 05 Jul 2012 06:13
Last Modified: 05 Jul 2012 06:13
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11180

Actions (login required)

View Item View Item