KONSTRUKSI NILAI-NILAI SOSIAL PADA IKLAN ROKOK SAMPOERNA HIJAU(Analisis Semiotik pada Iklan Rokok Sampeorna Hijau versi “Bioskop” yang Ditayangkan di Televisi)

Fadhilah, Daris Nur (2006) KONSTRUKSI NILAI-NILAI SOSIAL PADA IKLAN ROKOK SAMPOERNA HIJAU(Analisis Semiotik pada Iklan Rokok Sampeorna Hijau versi “Bioskop” yang Ditayangkan di Televisi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KONSTRUKSI_NILAI.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Keywords: kontruksi makna, nilai-nilai sosial, iklan rokok, semiotik Tidak semua iklan dapat secara bebas mengiklankan produknya. Seperti produk rokok yang memiliki daya sensitifitas tersendiri, sehingga mempunyai etika khusus dalam beriklan. Untuk mensiasatinya, perancang iklan menampilkan pencitraan tertentu dalam mengidentifikasikan produknya, dengan memainkan sistem tanda yang sengaja dikontruksi. Demikian dengan iklan rokok Sampoerna Hijau yang memposisikan produknya ke dalam konteks emosi nilai-nilai sosial. Sehingga peneliti ingin memahami bagaimana pemaknaan nilai-nilai sosial yang dikontruksi dalam iklan tersebut. Studi media massa pada dasarnya mencakup pencarian pesan dan makna dalam materinya. Iklan dibangun oleh berbagai sistem tanda yang bekerja sama untuk mencapai efek yang diharapkan. Iklan merupakan bidang kajian yang relevan bagi analisis semiotik Analisis ini merupakan analisis terstuktur sehingga akan memungkinkan terbacanya nilai-nilai atau belief system yang digunakan sebagai referensi untuk mengkontruksikan makna. Semiotik lebih concern pada pembongkaran pesan yang tersembunyi dalam suatu teks dan ia memberi ruang bagi eksplorasi. Untuk mengungkap makna dalam teks iklan tersebut, peneliti menggunakan metode analisis semiotik sosial dari Halliday. Dalam semiotik sosial, terdapat tiga unsur yang menjadi pusat perhatian penafsiran teks secara kontekstual, yaitu medan wacana, pelibat wacana dan sarana wacana. Selanjutnya mengacu pada teori Charles Sanders Pierce yang memperhatikan elemen tanda yaitu ikon, indeks, dan simbol. Untuk teori Barthes, tanda dimaknakan secara denotatif dan konotatif tanpa mengesampingkan mitos yang ada dan ideologi yang dibawa oleh iklan. Dalam menganalisa iklan, juga melihat konsep metapora dan metonimi. Selanjutnya analisis paradigmatik dari Levi-Staruss dimana akan dilakukan sebuah perbandingan pola-pola pasangan oposisi yang tersembunyi yang menghasilkan makna. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dan tipe penelitian adalah deskriptif dengan metode analisis semiotik. Sedangkan yang menjadi unit analisis adalah shot-shot yang dianggap relevan, baik secara audio (suara musik atau narator) maupun gambar visual (gambar atau huruf) dalam iklan rokok Sampoerna Hijau versi “Bioskop”. Kemudian data intepretasi dengan tujuan mendapatkan pemahaman tentang makna. Hasil analisa, nilai-nilai sosial yang dikontruksi iklan rokok Sampoerna Hijau versi “Bioskop” merepresentasikan kebersamaan, rasa kesetiakawanan dan sikap empati. Dalam kontruksinya, digambarkan dengan kegiatan atau aktifias yang muaranya pada suatu kepentingan yaitu dapat melakukan kegiatan bersama-sama. Teks iklan ini mengguratkan pesan moral sebagaimana yang berkembang dalam realitas sosial masyarakat khususnya di Indonesia yang memegang nilai adat ketimuran. Perancang iklan melihat hal-hal tersebut sebagai sebuah fenomena sosial yang tidak terlepas dari konteks sosial yang berlaku di masyarakat, karena tidak mustahil justru pada akhirnya iklan-lah yang akan menciptakan adanya fenomena atau referensi baru bagi audience. Iklan ini memanfaatkan masalah kontroversial atau isu-isu dari kepentingan publik untuk mengkontruksi materi iklan, sehingga wajah iklan memiliki nuansa kepedulian sosial terhadap persoalan sosial untuk dijadikan daya tarik dalam menarik simpati konsumen demi meraup keuntungan sebesar-besarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jul 2012 08:02
Last Modified: 04 Jul 2012 08:02
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item View Item