PERENCANAAN PENJADWALAN DENGAN MENGUNAKAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP) UNTUK MENURUNKAN BIAYA PERSEDIAAN (PT. Karya Timur Prima Malang)

FRIYANTO SAPUTRA, OKTA (2006) PERENCANAAN PENJADWALAN DENGAN MENGUNAKAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP) UNTUK MENURUNKAN BIAYA PERSEDIAAN (PT. Karya Timur Prima Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_PENJADWALAN_DENGAN_MENGUNAKAN_METODE_DISTRIBUTION_REQUIREMENT_PLANNING.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Metode DRP adalah suatu metode yang berusaha untuk menghasilkan suatu penjadwalan perencanaan pendistribusian produk dengan sesuai pada kwantitas dan waktu yang tepat. Sehingga dapat mengurangi biaya – biaya yang mungkin akan terjadi. Setiap perusahaan akan selalu berusaha untuk selalu memenuhi permintaan konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat. Untuk itu kelancaran dalam proses pendistribusian produk harus diutamakan, sehingga perlu dilakukan suatu Jadwal Induk Distribusi (JID) yang baik sesuai dengan kebutuhan disetiap level jaringan distribusi yang ada. Sistem pendistribusian pada PT.Karya Timur Prima Malang ini memang dapat dikatakan cukup mampu untuk melayani konsumen dalam sistem distribusi yang diterapkan. Namun disini penulis dapat menemukan celah yang akan menghasilkan suatu rancangan pendistribusian yang bagus dan juga menghasilkan Cost yang lebih bagus. Langkah awal dalam penerapan ini adalah dengan melakukan peramalan pada data Permintaan, Penentuan Safety Stock, Penerapan Jadwal Induk Distribusi (JID) yang akan menghasilkan penghematan biaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jul 2012 07:30
Last Modified: 04 Jul 2012 07:30
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11005

Actions (login required)

View Item View Item