PERENCANAAN JALUR DISTRIBUSI OPTIMAL SARI APEL “FLAMBOYAN” DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRANSPORTASI DI PT. BATU BHUMI SURYATAMA

FINA, ANDIKA FRIDA ASTUTI (2006) PERENCANAAN JALUR DISTRIBUSI OPTIMAL SARI APEL “FLAMBOYAN” DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRANSPORTASI DI PT. BATU BHUMI SURYATAMA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_JALUR_DISTRIBUSI_OPTIMALSARI_APEL.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

PT. Batu Bhumi Suryatama adalah sebuah perusahaan yang memproduksi Sari Apel dengan merk “Flamboyan”, dimana daerah pemasaran meliputi wilayah Jawa – Bali. Penyuplai Sari Apel “Flamboyan” berasal dari 2 sumber yaitu: Bulukerto dan Mojokerto. Perusahaan memanfaatkan 2 (dua) gudang dimana kebutuhan untuk tiap lokasi pemasaran dialokasikan langsung dari gudang tersebut sesuai dengan permintaan tiap-tiap wilayah pemasaran. Tujuan dari pendistribusian Sari Apel ini adalah untuk meminimalisasi biaya pengiriman Sari Apel. Berdasarkan tujuan tersebut maka perlu diterapkan Metode transportasi, tetapi terlebih dahulu kita meramalkan permintaan untuk bulan Mei sampai Juli 2006 (meramalkan permintaan untuk tiga bulan kedepan) dengan menggunakan Metode Trend Linier dan Trend Eksponensial, kemudian dipilih nilai MAPE terkecil. Selanjutya hasil peramalan diolah dengan menggunakan Metode NWCR dan Metode VAM, kemudian di tes optimal dengan Metode MODI sehingga diperoleh alokasi yang optimal. Dari hasil pengolahan data dihasilkan solusi yang optimal untuk Sari Apel “Flamboyan" dengan total biaya distribusi sebesar Rp. 27.488.900,00 dibanding sebelum penerapan Metode Transportasi yang sebesar Rp. 32.405.700,00. Sehingga diperoleh penghematan sebesar Rp. 4.916.800,00.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jul 2012 06:37
Last Modified: 04 Jul 2012 06:37
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10975

Actions (login required)

View Item View Item