ANALISIS SISTEM PENGENDANLIAN INTERN TERHADAP PROSEDUR KEBIJAKAN PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BPR KRIDA DHANA CITRA NUSA MALANG

FIBRIYANTI, ENGGAR (2006) ANALISIS SISTEM PENGENDANLIAN INTERN TERHADAP PROSEDUR KEBIJAKAN PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BPR KRIDA DHANA CITRA NUSA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_SISTEM_PENGENDANLIAN_INTERNTERHADAP_PROSEDUR_KEBIJAKAN_PEMBERIOAN_KREDITPADA_PT.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan pada PT. BPR Kridadhana Citranusa Malang yang bertempat di jalan Semeru Selatan no. 316 Malang dengan judul “ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PROSEDUR KEBIJAKAN PEMBERIAN KREDIT PADA PT PBR KRIDADHANA CITRANUSA MALANG”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sistem pengendalian intern terhadap prosedur pemberian kredit pada PT BPR sudah baik apa belum. Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yaitu menjelaskan atau menggambarkan suatu objek dengan tahapan analisis sebagai berikut: pertama; menganaliasa struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab dan wewenang. Kedua; mengenalisa bagaimana sistem otoriasasi dan prosedur pemberian kredit. Ketiga; menganalisis paraktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap organisasi. Keempat; menganalisis karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya. Hasil dari analisis yang telah dilakukan menyatakan bahwa sistem pengendalian intern yang diterapkan pada PT. BPR Kridadhana Citranusa Malang masih belum baik. Hal ini dapat dilihat dari masih terdapat perangkapan fungsi yaitu pada bagian account officer yang merangkap tugas sebagai marketing credit, untuk mencari nasabah hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan kurang matangnya analisis kredit. Pada PT. BPR masih kurangnya bukti-bukti yang digunakan sebagai arsip, kemudian sudah dilakukan praktek yang sehat yaitu dengan digunakannya formulir-formulir bernomor untuk cetak, serta masih banyaknya pegawai yang berlatar belakang SLTA. Berdasarkan hasil analisis di atas, agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan maka penulis menyarankan sebaiknya PT. BPR Kridadhana Citranusa Malang membuat struktur organisasi yang dapat memisahkan wewenang dan tanggung jawab agar tidak terjadi perangkapan fungsi. PT. BPR harus menambah beberapa rangkap kwitansi atau bukti untuk digunakan sebagai arsip. Sementara untuk menambah pengetahuan bagi para karyawan, PT. BPR harus lebih sering mengikut sertakan mereka pada seminar-seminar tentang perbankan. Selain itu harus lebih selektif dan cermat dalam memilih karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jul 2012 06:23
Last Modified: 04 Jul 2012 06:23
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10967

Actions (login required)

View Item View Item