FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERPINDAHAN PEKERJAAN DARI SEKTOR PERTANIAN KE SEKTOR NON PERTANIAN DI PEDESAAN AGRARIS (Studi kasus di desa Sukomulyo kecamatan Manyar Kabupaten Gresik)

YULIANTI, DEVY (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERPINDAHAN PEKERJAAN DARI SEKTOR PERTANIAN KE SEKTOR NON PERTANIAN DI PEDESAAN AGRARIS (Studi kasus di desa Sukomulyo kecamatan Manyar Kabupaten Gresik). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img] Text
FAKTOR-FAKTOR_YANG_MEMPENGARUHI_PERPINDAHANPEKERJAAN_DARI_SEKTOR_PERTANIAN_KE_SEKTOR_NON_PERTANIAN_DI_PEDESAAN_AGRARIS_(Studi_kasus_di_desa_Sukomulyo_kecamatan_Manyar_kabupaten_Gresik).pdf

Download (180B)

Abstract

Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif pada desa Sukomulyo kecamatan Manyar kabupaten Gresik dengan mengambil judul : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perpindahan Pekerjaan Dari Sektor Pertanian Ke Sektor Non Pertanian Di Pedesaan Agraris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi rumah tangga di pedesaan agraris dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perpindahan pekerjaan dari sektor pertanian ke sektor non pertanian di pedesaan agraris. Dalam penelitian ini penulis mengajukan hipotesis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perpindahan pekerjaan dari sektor pertanian ke sektor non pertanian di pedesaan agraris yang terdiri dari tujuh variabel yaitu pendapatan baik dari sektor pertanian maupun non pertanian, umur, tingkat pendidikan formal, persepsi, pengalaman di sektor pertanian, jumlah keluarga dan luas lahan. Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel yang melakukan perpindahan pekerjaan dari sektor pertanian ke sektor non pertanian di desa Sukomulyo kecamatan Manyar Kabupaten Gresik sebesar 70 orang. Dengan menggunakan tehnik pengambilan sampel yaitu saturation sampling dan pengumpulan datanya yaitu melalui dokumentasi, observasi, quisioner, dan wawancara. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisa regresi logistik. Dari hasil analisis diketahui bahwa pendapatan dari sektor non pertanian, mempengaruhi perpindahan pekerjaan ke sektor non pertanian sebesar 0,021. Sedangkan umur mempengaruhi perpindahan pekerjaan ke sektor non pertanian sebesar 0,025. Sedangkan jumlah keluarga mempengaruhi perpindahan pekerjaan ke sektor non pertanian sebesar 0,159 dan luas lahan mempengaruhi perpindahan pekerjaan ke sektor non pertanian sebesar 0,151. Pendapataan dari sektor pertanian, tingkat pendidikan formal, persepsi dan pengalaman bekerja di sektor pertanian tidak berpengaruh =15 % terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perpindahan pada pekerjaaan dari sektor pertanian ke sektor non pertanian di pedesaan agraris.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:25
Last Modified: 04 Jul 2012 04:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10922

Actions (login required)

View Item View Item