ANALISIS OTONOMI DAN KEMANDIRAN KOPERASI (STUDI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM SYARIAH AGRONIAGA INDONESIA (KANINDO) KABUPATEN MALANG)

YULIANTO, BAYU (2006) ANALISIS OTONOMI DAN KEMANDIRAN KOPERASI (STUDI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM SYARIAH AGRONIAGA INDONESIA (KANINDO) KABUPATEN MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_OTONOMI_DAN_KEMANDIRAN_KOPERASI%28STUDI_PADA_KOPERASI_SIMPAN_PINJAM_SYARIAH_AGRONIAGA_INDONESIA_%28KANINDO%29_KABUPATEN_MALANG.pdf

Download (4kB) | Preview

Abstract

Tingkat kesehatan koperasi simpan pinjam syariah merupakan suatu kondisi yang terlihat sebagai gambaran kinerja dan kualitas kesehatan koperasi dalam pencapaian target-targer koperasi untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Klasifikasi koperasi dimaksudkan untuk mengukur kinerja koperasi dalam suatu periode tertentu, menetapkan peringkat klasifikasi koperasi serta mendorong koperasi agar menerapkan prinsip-prinsip koperasi dan kaidah bisnis yang sehat. Peneltian ini bertujuan mengetahui otonomi dan kemandirian koperasi selama tahun 2003-2005 berdasar standart keuangan departemen koperasi. Sehingga koperasi dapat mengukur kinerja keuangannya selama periode tertentu. Penelitian ini dilakukan pada koperasi simpan pinjam syariah Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang di jl. Raya Sengkaling No. 293 telp (0341) 464444 kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Penelitian ini bersifat diskriptif kuantitatif dengan analisa data sekunder laporan laba/rugi atau perhitungan sisa hasil usaha dan neraca dengan analisa rasio keuangan mengacu pada keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah no.129/kep/M.KUKM/XI/2002. Berdasarkan hasil penelitian koperasi KANINDO Kabupaten Malang masuk dalam klasifikasi nilai C berdasrkan standart penilaian keuangan departemen koperasi selama kurun waktu 2003-2005. Masing-masing nilai untuk tahun 2003 (57,14), tahun 2004 (57,14) dan tahun 2005 (64,29). Artinya koperasi menunjukkan kinerja yang cukup baik namun ada yang perlu ditingkatkan lagi khususnya likuiditas, solvabilitas serta Asset Turn Over koperasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:05
Last Modified: 04 Jul 2012 04:05
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10894

Actions (login required)

View Item View Item