PENGUKURAN EFEKTIVITAS IKLAN PRODUK MINUMAN SARI APEL AGRO KUSUMA BERDASARKAN RESPON MASYARAKAT DI KOTA MALANG MENGGUNAKAN MODEL AIDA

DEDDY TRISTANTO, DWI (2006) PENGUKURAN EFEKTIVITAS IKLAN PRODUK MINUMAN SARI APEL AGRO KUSUMA BERDASARKAN RESPON MASYARAKAT DI KOTA MALANG MENGGUNAKAN MODEL AIDA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGUKURAN__EFEKTIVITAS_IKLAN_PRODUK_MINUMAN_SARI_APEL_AGROKUSUMA_BERDASARKAN_RESPON_MASYARAKAT_DI_KOTA_MALANG_MENGGUNAKAN_MODEL_AIDA.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Apel Batu adalah salah satu hasil komoditi pertanian yang terkenal di Indonesia, walaupun bukan tanaman asli Indonesia karena diduga datang dari negara Belanda. Namun sejak dicabutnya SK Menteri Perdagangan No. 505 tahun 1984 tentang pembatasan apel impor pada tahun 1991 dengan SK Menteri Perdagangan No. 135, apel Batu yang memiliki empat varietas-Manalagi, Romebeauty, Anna, dan Wangling tak dapat lagi diunggulkan menjadi primadona. Selain terjadi penurunan produksi, apel Batu juga harus bersaing dengan apel-apel dari Amerika, Australia, Selandia Baru, dan Cina yang semakin deras membanjiri pasar buah segar di Indonesia. Untuk mengantisipasi persaingan yang ada, maka selain didistribusikan dalam bentuk buah segar ke berbagai kota, apel Batu juga diolah menjadi beberapa macam bentuk makanan dan minuman, contohnya menjadi Sari Apel yang sedang giat diproduksi oleh sebuah industri pengolahan buah apel di Kota Batu. Pengolahan apel segar menjadi berbagai macam makanan dan minuman ini bertujuan untuk memperkaya jenis makanan khas daerah serta melawan serangan apel segar dari luar negeri Dari latar belakang yang telah dipaparkan, maka tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas iklan produk minuman Sari Apel Agrokusuma berdasarkan pendekatan AIDA dengan melihat bagaiamana respon masyarakat, dan tingkat penyerapannya terhadap informasi yang disampaikan melalui pemasangan spanduk di toko-toko atau outlet yang menjual produk minuman Sari Apel. Agar seluruh elemem iklan dapat disampaikan secara tuntas kepada audiences hendaknya dapat memenuhi ketentuan AIDA. Yang dimaksud AIDA adalah getting Attention (menarik perhatian audiences), holding Interest (menarik minat audiences membaca, mendengarkan atau melihat pesan sampai selesai), arousing Desire (menimbulkan keinginan audiences memiliki atau mempergunakan barang atau jasa yang diiklankan) dan obtaining Action (meyakinan audiences melakukan sesuatu yang bersifat positif). Penelitian dilakukan di Kota Malang kepada masyarakat yang pernah melakukan pembelian atau pernah melihat atau membaca iklan produk minuman Sari Apel Agrokusuma. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Accidental Sampling yaitu metode pengambilan sampel secara kebetulan, dengan melakukan wawancara terhadap konsumen yang pernah melihat dan membaca iklan produk minuman Sari Apel, atau membeli produk minuman Sari Apel di toko atau outlet yang memasang spanduk iklan produk minuman Sari Apel Agrokusuma. Analisa data yang digunakan adalah Uji Validitas Metode Tabulasi Silang. Indikator yang menunjukkan efektifitas iklan adalah seberapa besar konsumen yang akhirnya tergerak untuk melakukan action dibanding dengan konsumen yang tidak tergerak untuk melakukan action, setelah melihat iklan yang ditayangkan. Bila dengan adanya iklan ternyata lebih banyak konsumen yang melakukan tindakan action, yaitu yang berupa berkeinginan untuk mengambil contoh atau mengaplikasikan informasi yang diterima dari iklan tersebut, dibanding sebelum melihat iklan tersebut, maka iklan tersebut dikatakan efektif. Dari hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa responden yang tidak melakukan tindakan pembelian atau Action adalah sebesar (68%), yang berarti lebih besar dibandingkan dengan responden yang melakukan tindakan pembelian atau Action adalah sebesar (32%). Sehingga dapat dikatakan bahwa iklan produk minuman Sari Apel Agrokusuma yang dimuat dalam media spanduk masih kurang efektif, karena iklan yang telah disampaikan tidak dapat mencapai tujuan atau sasaran yang ditetapkan/diharapkan perusahaan, yaitu pelanggan bisa lebih tahu tentang produk yang coba disosialisasikan, dan sampai akhirnya melakukan suatu Action atau pembelian terhadap produk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 Jun 2012 04:13
Last Modified: 30 Jun 2012 04:13
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10421

Actions (login required)

View Item View Item