PERANAN ORANG TUA DALAM MENGEFEKTIFKAN BELAJAR ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR DI DESA MADIREDO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG

PURBOWATI MARDATILA , YUANITA (2007) PERANAN ORANG TUA DALAM MENGEFEKTIFKAN BELAJAR ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR DI DESA MADIREDO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERANAN_ORANG_TUA_DALAM_MENGEFEKTIFKAN_BELAJAR_ANAK.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Orang tua adalah seorang yang paling dekat hubunganya dengan anak, sebab diantara keduanya terjalin hubungan darah sehingga hubunganya secara lahir dan batin, dengan demikian maka peran orang tua dalam masalah pendidikan sangat menentukan keberhasilan anak, lebih dekat dari itu, orang tua juga mempunyai peranan dalam belajar anak, pehatian, bimbingan, motifasi belajar, terutama dalam efektifitas belajar, apa lagi untuk saat ini, hampir di setiap tempat ( DESA ) terdapat adanya geng ( kelompok anak nakal ) yang sangat berpengaruh teradap pendidikan dan belajar anak Di sisilain, orang tua dengan peranannya pada dasarnya di pengaruhi oleh pendidikan orang tua itu sendiri, orang tu dengan pendidikan yang rendah cenderung menyekolahkan anaknya sampai pada tingkat yang lebih tinggi darinya, sehingga dampak negatif pada diri anak adalah kurangnya bimbingan dan motifasi dari orang tua, bagi orang tua yang pendidikanya rendah mempunyai persepsi bahwa anak belajar adalah tugasnya, sedang bagi orang tua hanyalah membiayai saja. Melihat hal tersebut diatas, penulis bermaksud mengamati lebih dekat keberadaan penduduk di desa Madiredo kec. Pujon - Malang adapun. untuk mendapatkan hasil yang sangat representatif dan objektif, maka digunakan beberapa metode penelitian dan teknik pengumpulan data. Ada pun metode yang kami gunakan adalah metode Deskriptif, metode komperatif dan metode – metode yang lain, sedangkan teknik pengumpulan data, kami menggunakan metode accendital sampling, metode angket dan metode interview dengan menggunakan metode – metode yang penulis pakai ini lah akan terlihat bahwa adanya pengaruh pendidikan orang tua terhadap pendidikan dan belajar anak. Orang tua mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pendidikan anak sebab orang tua mempunyai hubungan secara lahir dan batin dengan anak. dengan demikian peran serta orang tua dalam pendidikan anak sangat diharapkan, di sinilah orang tua akan menjadikanya yahudi, nasrani, atau majusi. Agar kelak apa yang diharapkan, untuk dapat menjadikan anaknya sebagi orang yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 Jun 2012 03:21
Last Modified: 30 Jun 2012 03:21
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10373

Actions (login required)

View Item View Item