IDENTIFIKASI KESALAHAN DALAM BELAJAR MATEMATIKA BESERTA PROSES REMEDI PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU

PUSPITARINI, FENDWI (2007) IDENTIFIKASI KESALAHAN DALAM BELAJAR MATEMATIKA BESERTA PROSES REMEDI PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat kesalahan konsep dan jenis kesalahan konsep yang dialami siswa, (2) Mendeskripsikan penyebab-penyebab kesalahan konsep pada proses belajar siswa yang mengakibatkan siswa melakukan kesalahan dalam memahami konsep materi, (3) Mendeskripsikan proses remedi yang dilakukan oleh pihak pengajar untuk mengurangi kesalahan konsep agar siswa kembali mampu dalam memahami konsep suatu materi. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 06 Dau, dengan alamat, Jl Margobasuki 48 Jetis, Dau Malang terhitung mulai tanggal 16 April sampai dengan 3 Mei 2007. Adapun jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian deskriptif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena data yang diperoleh dinyatakan dalam bentuk verbal dan dianalisis tanpa analitik statistik Data yang diambil dari penelitian ini adalah data hasil tes dan data hasil wawancara. Sedangkan sumber data pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1). Analisis data hasil tes pertama menunjukkan bahwa terdapat 22,22% kesalahan pemahaman pengertian, 17,71% kesalahan menghitung, 6,25% kesalahan prosedur, 41,67% kesalahan pemahaman pengertian dan kesalahan menghitung, 29,16% kesalahan pemahaman pengertian dan kesalahan prosedur. Pada tes kedua 35 % kesalahan pemahaman pengertian, 37,5% kesalahan menghitung, 4,17% kesalahan prosedur, 33,33% kesalahan pemahaman pengertian dan kesalahan prosedur, 4,16% kesalahan prosedur dan kesalahan menghitung. Analisis data tes setelah remedi pada tes pertama sebesar 79,16%, tes kedua 75%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 Jun 2012 02:42
Last Modified: 30 Jun 2012 02:42
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10340

Actions (login required)

View Item View Item