Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita Matematika HOTS berdasarkan Teori Newman pada siswa kelas V SD

Hidayati, Devi Nur and Sulistyani, Nawang and Pantiwati, Yuni (2020) Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita Matematika HOTS berdasarkan Teori Newman pada siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1 (1). pp. 39-50. ISSN 2746-2455

[thumbnail of Hidayati Sulistyani Pantiwati - High-order thinking skills Mathematics stories Students error analysis.pdf]
Preview
Text
Hidayati Sulistyani Pantiwati - High-order thinking skills Mathematics stories Students error analysis.pdf

Download (941kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Hidayati Sulistyani Pantiwati - High-order thinking skills Mathematics stories Students error analysis.pdf]
Preview
Text
Similarity - Hidayati Sulistyani Pantiwati - High-order thinking skills Mathematics stories Students error analysis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika HOTS menjadi sentra pembahasan dalam pendidikan karena adanya penyempurnaan standar isi kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kesalahan penyelesaian soal cerita matematika bertipe HOTS siswa kelas V SD. Kesalahan tersebut dianalisis menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Reading, (2) Comprehension, (3) Transformation, (4) Process skill, (5) Encoding. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Tulusrejo 3 Kota Malang . Data diambil menggunakan teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada tahap reading (kesalahan dalam membaca, memahami kata/simbol) rata-rata persentase kesalahannya sebesar 36,47% dengan kualifikasi rendah, tahap comprehension (kesalahan dalam memahami suatu permasalahan) rata-rata persentase kesalahannya sebesar 70,16% dengan kualifikasi tinggi, tahap transformation (kesalahan menentukan metode/rumus atau operasi hitung) rata-rata persentase kesalahannya sebesar 58,03% dengan kualifikasi sedang, tahap process skill (kesalahan dalam perhitungan) rata-rata persentase kesalahannya sebesar 67,84% dengan kualifikasi tinggi dan tahap encoding (kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir) rata-rata persentase kesalahannya sebesar 72,54% dengan kualifikasi tinggi. Berdasarkan hasil analisis menggunakan NEA siswa banyak melakukan kesalahan di tahap encoding (menuliskan jawaban akhir) dengan tipe soal C6 (Create).

Item Type: Article
Keywords: High-order thinking skills, Mathematics stories, Students error analysis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: mufidah91 Ulfatul Mufidah
Date Deposited: 02 May 2024 02:31
Last Modified: 02 May 2024 02:31
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5994

Actions (login required)

View Item
View Item