PENINGKATAN KOMPETENSI GURU TK ABA 16 MALANG MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DI BIDANG TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER

Lestandy, Merinda and Syafaah, Lailis and Faruq, Amrul (2022) PENINGKATAN KOMPETENSI GURU TK ABA 16 MALANG MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DI BIDANG TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (3). pp. 1338-1344. ISSN 2721-5008

[thumbnail of Published Article]
Preview
Text (Published Article)
Lestandy Syafaah Faruq - Teknologi Informasi dan Komunikasi Media Pembelajaran Kompetensi.pdf

Download (550kB) | Preview
[thumbnail of Similarity]
Preview
Text (Similarity)
Similarity - Lestandy Syafaah Faruq - Teknologi Informasi dan Komunikasi Media Pembelajaran Kompetensi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat dihindari. Perkembangan teknologi
pada era globalisasi saat ini sangat pesat. Untuk itu, masyarakat dituntut untuk melakukan suatu
perubahan di setiap kegiatannya. Terutama bagi para guru diharapkan dapat mengikuti perubahan
tersebut dalam meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. Perkembangan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) telah berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia.
Hal ini mendorong era baru peradaban manusia dari era industri ke era informasi. Berdasarkan hasil
wawancara dan observasi pada TK ABA 16 Malang kami melihat masih ada guru yang beranggapan
tidak menggunakan komputer dan IT (Teknologi Informasi) dalam proses pembelajaran bukan hal
mengganggu jalannnya pelajaran karena guru merasa tidak mendapatkan fasilitas komputer saat
mengajar, jadi inilah yang membuat guru merasa tidak perlu untuk tahu cara menggunakan
komputer. Jika dilihat dari kenyataannya ini terjadi pada guru-guru yang sudah berusia tua, walaupun
yang guru junior pun masih ada yang gagap pada kemajuan IT. Dari permasalahan tersebut, maka
perlu diadakan kegiatan pelatihan dan pemahaman bagi guru untuk mengoptimalkan fasilitas TIK
yang ada untuk menunjang keefektifan pembelajaran dan kompetensi guru. Setelah pelaksanaan
pelatihan, tim pengusul akan memonitoring dan mengevaluasi pemahaman guru-guru tentang TIK
yang ditentukan dengan standar keberhasilan pemahaman yaitu pencapaian skor harapan senilai 7
dari jumlah skor hasil observasi. Dari skor tersebut maka dapat disimpulkan bahwa guru sudah
meningkat kompetensinya atau belum setelah mengikuti pelatihan IT mengenai penggunaan TIK
sebagai media mengajar. Pelaksanaan evaluasi dilakukan dengan mengamati peningkatan
kompetensi guru setelah satu minggu mengajar menggunakan IT melalui lembar observasi.

Item Type: Article
Keywords: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Media Pembelajaran, Kompetensi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Depositing User: faruq Amrul Faruq
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:53
Last Modified: 22 Apr 2024 04:53
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5655

Actions (login required)

View Item
View Item