UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN MULTILITERASI DALAM KONTEKS MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA

Prihatini, Arti and Sugiarti, Sugiarti (2021) PEMBELAJARAN MULTILITERASI DALAM KONTEKS MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA. In: Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga). IKIP Budi Utomo. ISBN 2808-1706

[img]
Preview
Text (Naskah Publikasi)
Prihatini, Sugiarti-PEMBELAJARAN MULTILITERASI DALAM KONTEKS MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
Similarity-Prihatini, Sugiarti-PEMBELAJARAN MULTILITERASI DALAM KONTEKS MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi siswa Indonesia masih sangat rendah. Selain itu, masih ada kesenjangan penelitian tentang multiliterasi untuk kepentingan implementasi konsep merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dua fokus, yaitu (1) kompetensi siswa yang dikembangkan melalui pembelajaran multiliterasi dan (2) inovasi pembelajaran multiliterasi yang dapat dimanfaatkan guru. Penelitian ini tergolong reviu literatur dengan data berupa artikel ilmiah penelitian yang bersumber dari jurnal ilmiah nasional terakreditasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi secara purposive sampling. Analisis data dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu (1) menganalisis judul, tujuan, metode dan hasil penelitian, (2) menganalisis kompetensi siswa dan inovasi pembelajaran multiliterasi melalui kegiatan coding pada aplikasi analisis data kualitatif Atlas.ti 9, (3) menganalisis temuan dengan statistik deskriptif sederhana dengan Ms. Excel, (4) memetakan pola temuan penelitian dalam dengan Atlas.ti 9, dan (5) menginterpretasi temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi siswa yang dikembangkan dalam pembelajaran multiliterasi didominasi oleh keterampilan berbahasa (60%), lalu kemampuan literasi (18%), kemampuan berpikir (14%), serta kemampuan lainnya (8%). Berdarkan inovasinya, pengembangan pembelajaran multiliterasi (54%) ditemukan lebih banyak dibandingkan penerapannya saja (46%). Pengembangan pembelajaran multiliterasi dilakukan dalam bentuk pengembangan model, bahan ajar, perangkat pembelajaran, media, dan metode pembelajaran. Penerapan dilakukan dalam bentuk implementasi pembelajaran dalam berbagai matapelajaran pada berbagai jenjang pendidikan di Indonesia.

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: literasi; kompetensi siswa; inovasi pembelajaran; merdeka belajar; pembelajaran multiliterasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: artiprihatini Arti Prihatini, S.Pd., M.Pd
Date Deposited: 03 Feb 2023 06:32
Last Modified: 03 Feb 2023 06:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/98424

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - e-Theses : https://etd.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo