Ambarsari, Tri Agung Bayu and Wijayanti, Eka and Kurniawan, Ahmad Arif and Prihatini, Arti (2022) ASPEK LEKSIKO-GRAMATIKAL DALAM LAGU ANAK YANG BERMUATAN MULTIPLE INTELLIGENCE. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 18 (1). pp. 77-90. ISSN 2086-0609
|
Text (Naskah Publikasi)
Ambarwati, Wijayanti, Kurniawan, Prihatini-ASPEK LEKSIKO-GRAMATIKAL DALAM LAGU ANAK YANG BERMUATAN MULTIPLE INTELLIGENCE.pdf - Published Version Download (372kB) | Preview |
|
|
Text (Hasil Cek Plagiasi)
Similarity-Ambarwati, Wijayanti, Kurniawan, Prihatini-ASPEK LEKSIKO-GRAMATIKAL DALAM LAGU ANAK YANG BERMUATAN MULTIPLE INTELLIGENCE.pdf - Supplemental Material Download (3MB) | Preview |
Abstract
Aspek leksikal dan gramatikal perlu dikuasai anak dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada jenjang Sekolah Dasar dengan memanfaatkan lagu anak berbasis multiple intelligence untuk mendukung perkembangan kompetensi kebahasaannya. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan tiga fokus penelitian, yaitu (1) aspek leksikal, (2) aspek gramatikal, dan (3) muatan multiple intelligence pada lagu anak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan sistematik review dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Analisis data dilakukan secara komprehensif dan kritis terhadap data berupa hasil-hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek leksikal berupa sinonimi, antonimi, kolokasi, repetisi, dan kelas kata untuk memperkaya kosakata dan pengetahuan morfosemantis anak. Aspek gramatikal berbentuk referensi, elipsis, konjungsi, inversi, substitusi, dan pemasifan kata yang memperkuat pengetahuan morfosintaksis anak. Lagu anak-anak mengandung muatan multiple intelligence yang terwujud dalam aspek leksikal dan gramatikalnya, yaitu (1) kecerdasan matematis logis dalam penggunaan numeralia dan repetisi, (2) kecerdasan naturalis dalam penggunaan nomina, ajektiva, frasa preposisi serta kohesi leksikal (3) kecerdasan interpersonal dalam penggunaan pronomina, kolokasi, dan repetisi, (4) kecerdasan visual spasial dalam nomina, ajektiva, kolokasi, dan repetisi, (5) kecerdasan musikal dalam onomatopeia dan repetisi, (6) kecerdasan kinestetik dalam verba aksi dan repetisi, (7) kecerdasan intrapersonal dalam pronomina dan kolokasi, dan (8) kecerdasan linguistik dalam seluruh jenis kata dan kohesi leksikal.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | aspek gramatikal; aspek leksikal; lagu anak; multiple intelligence; pembelajaran bahasa Indonesia |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201) |
Depositing User: | artiprihatini Arti Prihatini, S.Pd., M.Pd |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 06:47 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 06:47 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/98397 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |