Sunaryo, Hari and Putra, Candra Rahma Wijaya (2021) Pelatihan Menulis Naskah Drama dengan Metode Alih Wahana untuk Guru SMP/SMA Muhammadiyah. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (3). pp. 362-370. ISSN 2615-5273
|
Text
Sunaryo Putra - Pelatihan Menulis Naskah Drama dengan Metode Alih Wahana untuk Guru SMP SMA Muhammadiyah.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
Similarity - Sunaryo Putra - Pelatihan Menulis Naskah Drama dengan Metode Alih Wahana untuk Guru SMP SMA Muhammadiyah.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hal yang mutlak sekaligus niscaya seorang pendidik meningkatkan kualitas diri. Salah satu peningkatan kualitas diri seorang guru adalah kemampuan menulis sesuai dengan bidang keahlian. Tujuan program ini adalah proses kreatif penulisan naskah drama dengan metode alih wahana dan peningkatan kompetensi guru dalam menulis naskah drama hasil alih wahana. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan. Pelatihan ini berisi 1) kegiatan orientasi dan penyamaan persepsi, 2) penyusunan draf cerita, dan 3) penulisan dan pengembangan naskah drama. Hasil pelatihan menunjukan adanya kesulitan peserta untuk transformasi cerpen pada unsur alur cerita, latar tempat, dan latar waktu. Metode alihwahana yang digunakan adalah penyusutan dan perubahan. Metode ini digunakan untuk mencapai aspek dramatik naskah drama.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Naskah Drama; Wahana; Cerita Pendek; Transformasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > Muhammadiyah |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201) |
Depositing User: | zawawi Moh. Zawawi, A.Md |
Date Deposited: | 17 Dec 2022 07:03 |
Last Modified: | 17 Dec 2022 07:03 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/97704 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |