ASHARI, ASHARI (2009) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AQIDAH DAN AKHLAQ DI MI. MA’ARIF SUKUN 1 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
PEMBELAJARAN_PENDIDIKAN_AQIDAH_DAN_AKHLAQ_DI_MI.pdf - Published Version Download (75kB) | Preview |
Abstract
Disekolah / madrasah Mata Pelajaran Aqidah dan Akhlaq dalam satu minggu hany adiberikan satu jam waktunya, oleh karena itu dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Aqidah dan Akhlaq guru harus dapat melaksanakan secara optimal sehingga dapat tercapai tujuan dari pemberian Mata Pelajaran Aqidah dan Akhlak di sekolah / madrasah Dalam penelitian mengambil judul “Pembelajaran pendidikan Aqidah dan Ahlaq di MI Maarif Sukun I Malang. Dadapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Pelaksanaan Pendidikan Aqidah dan Akhlaq, untuk mengetahui factor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam melaksanakan Pembelajaran Pendidikan Aqidah dan AKhlaq serta usaha – usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan – ambatan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Aqidah dan Akhlaq di Mi Maarif SUkun I Kota Malang. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan Pendidikan Aqidah dan AKhlaq adalah pendekatan keteladanan. Lokasi yang penulis jadikan obyek penelitian adalah Mi Maarif SUkun I Kota Malang, dengan alas an madrasah tersebut tidak jauh dari tempat tinggal penulis, sehingga memudahkan penulis dalam mengadakan penelitian. Dalam penelitian ini metode yang dipakai untuk memperoleh data menggunakan metode kuesioner, metode interview, metode dokumentasi da metode observasi. Sedangkan dalam menganalisa data memakai metode diskriptif kwalitatif yaitu menjawab pertanyaan ,elalui analisa terhadap hubungan antara aspek, factor dan jenis kelamin, serta memakai metode Reflektif Thingking yaitu mengkombinasikan yang diperoleh, dijelaskan dan dibuat kesimpulan sementara. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk menunjukkan keberhasilan dalam melaksanakan Pembelajaran Pendidikan Aqidah dan Akhlaq di MI. Ma’arif Sukun I Kota Malang adalah dengan mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208) |
Depositing User: | Anwar Jasin |
Date Deposited: | 21 Mar 2012 15:55 |
Last Modified: | 21 Mar 2012 15:55 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/897 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |