UMM Institutional Repository

MOTIF MENGGUNAKAN SELF DISCLOSURE PENGGUNA INSTAGRAM DALAM FIRST ACCOUNT DAN SECOND ACCOUNT (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang 2017-2018)

ANDRTIKA, JENNY INADA (2022) MOTIF MENGGUNAKAN SELF DISCLOSURE PENGGUNA INSTAGRAM DALAM FIRST ACCOUNT DAN SECOND ACCOUNT (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang 2017-2018). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN-JENNY.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-JENNY.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-JENNY.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB III-JENNY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV-JENNY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-JENNY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN-JENNY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Self disclosure yang berarti bagimana seseorang dapat mengungkapkan dirinya atau singkatnya disebut sebagai keterbukaan diri terhadap orang lain sesuai dengan batasan-batasan yang dibuat. Dengan menerapkan self disclosure dalam diri, kita bisa jadi tidak terlalu sembrono dalam bertindak di media sosial, karena kita dapat menerapkan diri kita sesuai porsi-porsi yang tepat. Motif self disclosure sendiri dapat timbul karena pengguna mendapat atensi maupun komentar yang tidak diinginkan sehingga muncullah tindakan pembatasan diri tersebut. Penelitian ini membahas tentang bagaimana motif self disclosure dalam komunikasi media sosial Instagram pada pengguna fitur close friend dan second account. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya motif self disclosure pengguna Instagram oleh para mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) angkatan 2017-2018. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kualitatif. Analisis data dari penelitian ini dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan keismpulan. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer (wawancara) dan juga data sekunder (buku atau jurnal). Kemudian, data-data diperoleh dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan teknik purposive sampling disertai dengan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan kepada 17 subjek penelitian yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM angkatan 2017-2018 yang menggunakan fitur close friend dan memiliki second account (akun kedua). Analisis hasil penelitian dari penelitian ini dilakukan dengan analisa kualitatif deskriptif, atau dapat disebut dengan pemaparan. Hasil penelitian ini menunjukkan motif self disclosure dalam komunikasi media sosial Instagram pengguna fitur close friend dan second account pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM 2017-2018 terjadi ketika mereka mendapatkan sebuah atensi maupun komentar (penilaian) yang buruk dari netizen. Hal tersebut menjadi pengaruh besar bagi mereka untuk membuat self disclosure (pembatasan diri) di media sosialnya. Fitur close friend dan menggunakan second account dapat meningkatkan privasi, dan juga bisa menjadi wadah untuk dapat lebih bebas berkomunikasi serta mengekspresikan diri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Teori Penetrasi Sosial yang memiliki keterkaitan dengan pembahasan peneliti. Motif self disclosure mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM 2017-2018 di Instagram dalam fitur close friend dan second account bagaikan manusia yang memiliki beberapa lapisan kepribadian. Bilamana kita mengupas lapisan luarnya, maka kita akan menemukan lapisan dalam beserta lapisan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201710040311369
Thesis Advisors: Nurudin (10397060341)
Keywords: Motif, Self Disclosure, Instagram, Komunikasi Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: 201710040311369 jennyinada
Date Deposited: 29 Jan 2022 04:51
Last Modified: 29 Jan 2022 04:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/83802

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo