UMM Institutional Repository

Modul Pelaksanaan Permainan Tradisional Dengan Metode Experiential Learning Untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Sekolah Dasar

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (2019) Modul Pelaksanaan Permainan Tradisional Dengan Metode Experiential Learning Untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Sekolah Dasar. EC00201943398.

[img]
Preview
Text
Iswinarti Gunawan Bimantara Zahra - Buku Modul Pelaksanaan Permainan Tradisional.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer review - Iswinarti Gunawan Bimantara Zahra - Buku Modul Pelaksanaan Permainan Tradisional.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Iswinarti Gunawan Bimantara Zahra - Buku Modul Pelaksanaan Permainan Tradisional.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Moral adalah mengenai pemahaman baik dan buruk atau bisa juga dikatakan aturan mengenai kesusilaan. Perilaku moral yakni dikendalikan oleh konsep moral, yaitu aturan atau norma dalam bertingkah laku, dimana anggota masyarakat dapat berperilaku menyesuaikan dengan pola perilaku yang diharapkan masyarakatnya (Amrah, 2013). Perkembangan moral didefinisikan sebagai penalaran terhadap nilai, penilaian sosial dan juga penilaian terhadap kewajiban yang mengikat individu dalam melakukan sebuah tindakan (Kohlbeg, 1995). Hasil wawancara yang Fasilitator lakukan di salah satu sekolah di Malang, menunjukkan bahwa anak berperilaku immoral dikarenakan mereka telah menimbang dampak yang terjadi dan mereka merasa sanggup untuk menanggung resikonya. Hal ini sejalan dengan pandangan Piaget mengenai perkembangan moral anak usia SD yang termasuk pada moralitas autonom dimana anak menunjukkan kesadaran bahwa peraturan dan hukum diciptakan oleh manusia, oleh karenanya dalam menilai suatu perbuatan, anak-anak selain mempertimbangkan akibat-akibat yang ditimbulkan oleh suatu perbuatan, juga sekaligus mempertimbangkan maksud dan ikhtiar dari si pelaku. Oleh karenanya Pemahaman mengenai perkembangan moral menjadi penting untuk dipahami sebab kelak anak-anak bertambah dewasa mereka harus tahu mengapa sesuatu dianggap benar dan dianggap salah.

Item Type: Patent / Intellectual Property Rights (IPR)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: zawawi Moh. Zawawi, A.Md
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:03
Last Modified: 21 Sep 2021 07:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/79014

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - e-Theses : https://etd.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo