Octavihari, Dita and Effendy, Mohammad Mahfud and Susanti, Reni Dwi (2019) PENERAPAN LKM (LEMBAR KERJA MAHASISWA) UNTUK MELIHAT PEMAHAMAN KONSEP & KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. MATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5 (3). pp. 269-286. ISSN 2579-3977
|
Text
Octavihari Effendi Susanti - Pemahaman Konsep Komunikasi Matematis LKM.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Peer Review Penulis ke 3)
Peer Review - Susanti - Pemahaman Konsep Komunikasi Matematis LKM.pdf Download (841kB) | Preview |
|
|
Text
Similarity - Octavihari Effendi Susanti - Pemahaman Konsep Komunikasi Matematis LKM.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif yang bertujuan untuk melihat pemahaman konsep dan komunikasi matematis mahasiswa dengan adanya penerapan LKM. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester II Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan lembar kerja mahasiswa (LKM) dilakukan selama 3 kali pertemuan pada April-Mei 2019. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 63,86. Peneliti membagi menjadi 2 kelompok untuk memudahkan analisis data. Penilaian dilakukan sesuai dengan indikator pemahaman konsep dan komunikasi matematis. Penerapan LKM dapat dilakukan untuk melihat pemahaman konsep pada mahasiswa dengan baik. Hal ini terbukti bahwa sebanyak 62,22% mahasiswa mampu meningkatkan pemahaman konsepnya. Soal yang digunakan dalam LKM adalah soal essai. Soal essai mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Terlihat dari hasil pekerjaan mahasiswa sebanyak 62,22% mampu menjawab soal essai tersebut sehingga dapat mengomunikasikan konsep yang telah diajarkan dan menyajikannya dalam bentuk reprsentasi Matematis.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | pemahaman konsep, komunikasi matematis, LKM |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202) |
Depositing User: | renidwi Reni Dwi Susanti, M.Pd |
Date Deposited: | 25 May 2021 06:56 |
Last Modified: | 25 May 2021 06:56 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/73846 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |