Analisis Pemanfaatan E-Learning dengan Metode TAM dan TPB (Studi Kasus: Universitas Muhammadiyah Malang)

Wicaksono, Galih Wasis and Wibowo, Bayu Prasetia and Wahyuni, Evi Dwi (2024) Analisis Pemanfaatan E-Learning dengan Metode TAM dan TPB (Studi Kasus: Universitas Muhammadiyah Malang). Jurnal Repositor, 5 (4). pp. 825-832. ISSN 2716-1382

[thumbnail of Wicaksono Wibowo Wahyuni - E-learning Evaluasi E-learning TAM TPB C-TAM-TPB.pdf]
Preview
Text
Wicaksono Wibowo Wahyuni - E-learning Evaluasi E-learning TAM TPB C-TAM-TPB.pdf

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Wicaksono Wibowo Wahyuni - E-learning Evaluasi E-learning TAM TPB C-TAM-TPB.pdf]
Preview
Text
Similarity - Wicaksono Wibowo Wahyuni - E-learning Evaluasi E-learning TAM TPB C-TAM-TPB.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

E-Learning merupakan pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari internet, sehingga dengan adanya E-Learning ini dosen dan mahasiwa bisa lebih mudah dalam proses pembelajaran. E-Learning juga sudah mulai diterapkan pada pendidikan tinggi khususnya di Universitas Muhammadiyah Malang dengan menggunakan moodle, edmodo dan google classroom. Karena penggunaan e-learning di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang masih belum masiv, perlu melakukan evaluasi dengan mengukur penerimaan dan perilaku pengguna e-learning. Metode untuk melakukan evaluasi menggunakan TAM dan TPB (C-TAMTPB) yang merupakan model dari Yung – Zug Chang. Pengujian dipenelitian ini menggunakan SEM dengan aplikasi SmartPLS. Hasil dari penelitian ini, penerimaan e-learning pada pendidikan tinggi dapat diterima dengan baik dan perilaku pengguna e-learning juga berpengaruh terhadap penerimaan karena antar variabel saling berpengaruh signifikan. dari penjelasan tersebut, hal yang dapat dilakukan peneliti ialah merekomendasikan penggunaan e- learning secara masiv dikarenakan sangat membantu dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari tingginya nilai siginifikasi hipotesis perceived ease of use terhadap perceived usefulness sebesar 52%. Tetapi ada hal yang harus diperbaiki supaya penggunaan e-learning bisa optimal, yaitu penyesuaian fitur terhadap SN DIKTI terkait pembelajaran jarak jauh. Saran ini berdasarkan rendahnya hasil nilai signifikasi hipotesis perceived usefulness terhadap behavior intention sebesar 18%.

Item Type: Article
Keywords: E-learning; Evaluasi E-learning; TAM; TPB; C-TAM-TPB.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: galih.w.w Gali Wasis Wicaksono,S.Kom
Date Deposited: 16 Mar 2024 04:55
Last Modified: 16 Mar 2024 04:55
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4862

Actions (login required)

View Item
View Item