Karakteristik Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Himpunan Ditinjau Dari Kemampuannya Dalam Mengkonsruksi Bukti Matematis

Hidayatul Khusna, Arif and Athma Putri Rosyadi, Alfiani (2021) Karakteristik Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Himpunan Ditinjau Dari Kemampuannya Dalam Mengkonsruksi Bukti Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10 (3). pp. 1422-1431. ISSN 2442-5419

[thumbnail of Khusna Rosyadi - Karakteristik Miskonsepsi Mahasiswa.pdf]
Preview
Text
Khusna Rosyadi - Karakteristik Miskonsepsi Mahasiswa.pdf

Download (738kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Khusna Rosyadi - Karakteristik Miskonsepsi Mahasiswa.pdf]
Preview
Text
Similarity - Khusna Rosyadi - Karakteristik Miskonsepsi Mahasiswa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu hal yang mempengaruhi mahasiswa melakukan kesalahan pada materi himpunan adalah belum
mahirnya kemampuan dalam membuktikan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan
miskonsepsi mahasiswa pada konsep himpunan ditinjau dari kemampuannya dalam mengkonstruksi
bukti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang
digunakan adalah tes untuk memperoleh data miskonsepsi, dan pedoman wawancara untuk mendukung
temuan miskonsepsi pada instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kriteria general
argument miskonsepsi yang tejadi adalah ketidaksesuaian penafsiran konsep himpunan kosong dengan
makna konsep himpunan kosong yang sebenarnya serta ketidak akuratan konsep subset yang dipahami.
Pada subjek invalid general argument mengalami miskonsepsi berupa ketidak akuratan dalam memahami
konsep anggota himpunan dan subset. Miskonsepsi yang terjadi pada subjek empirical argument adalah
ketidak tepatan dalam menghubungkan konsep himpunan dan himpunan kosong, ketidaktepatan dalam
mendiskripsikan makna simbol himpunan kosong, dan ketidak akuratan pada konsep subset. Sedangkan
pada subjek non genuine argument miskonsepsi berupa ketidak tepatan dalam menafsirkan konsep
anggota himpunan serta tidak dapat menghubungkan konsep negasi implikasi pada definisi subset, dan
ketidaktepatan dalam memaknai simbol himpunan kosong.

Item Type: Article
Keywords: Himpunan; mengkonstruksi bukti matematis; miskonsepsi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: alfi_rosyadi Alfiani Athma Putri Rosyadi, S.Pd., M.Pd
Date Deposited: 14 Mar 2024 08:01
Last Modified: 14 Mar 2024 08:01
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4758

Actions (login required)

View Item
View Item