UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN OPINION LEADER DALAM PENETRASI PRODUK MELALUI PROGRAM COMMUNITY AMBASADOR ROKOK A- MILD

ANANTA, ARYA PUTRA (2016) PENGGUNAAN OPINION LEADER DALAM PENETRASI PRODUK MELALUI PROGRAM COMMUNITY AMBASADOR ROKOK A- MILD. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aryaputraa-46601-1-pendahul-n.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aryaputraa-46601-2-babi.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aryaputraa-46601-3-babii.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aryaputraa-46601-4-babiii.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penetrasi produk adalah nama yang diberikan kepada suatu strategi pertumbuhan di mana perusahaan berfokus pada penjualan produk-produk yang ada di pasar-pasar yang telah ada sebelumnya. PT. HM Sampoerna adalah salah satu perusahaan rokok yang menerapkan penetrasi dalam strategi pemasarannya. Penetrasi yang dilakukan yakni melaui program CAM. Program CAM merupakan program pemasaran yang mendayagunakan opinion leader dari komunitas-komunitas yang ada di Malang. Untuk itulah rumusan masalah dalam penelitian ini yakni "bagaimana penggunaan opinion leader dalam mempenetrasikan produk pada komunitas? Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti program CAM (Community Ambassador) secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, dan hubungan fenomena (fenomenologi) yang akan diselidiki dalam pembentukan brand rokok A-mild dalam suatu kelompok atau komunitas. Untuk itu teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan informan yang merupakan pelaku CAM itu sendiri. Dari hasil pembahasan dan analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan opinion leader dalam mempenetrasikan produk yakni menggunakan pengaruh mereka untuk membuat konsumen kompetitor beralih pada rokok Sampoerna A Mild. Untuk mewujudkan hal tersebut, strategi yang dilakukan yakni promosi word of mouth, menawarkan produk, mendata konsumen rokok kompetitor, dan mengajak konsumen rokok kompetitor untuk bergabung dalam program-program Sampoerna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Opinion Leader, Penetrasi Produk, Fenomenologi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2019 02:49
Last Modified: 26 Apr 2019 02:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45998

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - e-Theses : https://etd.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo