AMINIYAH, SITI AISYAH (2016) GAYA KOMUNIKASI POLITIK AHOK DALAM MEDIA ONLINE (Analisis isi media online kompas.com edisi Maret 2015 - Desember 2015). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-sitiaisyah-45534-1-pendahul-n.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-sitiaisyah-45534-2-bab1.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-sitiaisyah-45534-3-babii.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-sitiaisyah-45534-4-babiii.pdf Download (379kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan analisis data aktivitas Baidu Browser di periode itu, Gubernur Ahok mejadi tokoh paling populer yang beritanya paling dibaca di Indonesia. Salah satunya beritanya mengenai komunikasi politiknya, melalui portal media online seperti : kompas.com, salah satu isu yang menarik perhatian media adalahmengenaigaya komunikasi Ahok yang tak ideal di negara demokratis dan antisantun pada negara yang menjunjung adat ketimurannya (unggah-ungguh). Gaya komunikasi, dalam penelitian ini menempatkan style atau ciri khas Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta sebagai campuran unsur-unsur komunikasi lisan dan ilustratif . Metode yang digunakan yaitu penelitian dengan metode analisis isi, dengan menggunakan pendekatan secara kuantitatif. Sementara untuk unit analisis yang digunakan berupa frekuensi kemunculan paragraf berita yang berkaitan dengan kategori yang telah dibuat. Dengan populasi paragraphberita 1397 dan 93 paragraf berita sebagai sampel, yang selanjutnya pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling.Teknik penelitian yang digunakan adalah dengan memindahkan data (transkrip artikel berita) yang dijadikan kedalam teks dari berita kompas.com. Kemudian dilakukan uji reliabilitas melalui proses pengkodingan yang berdasarkan kategori dan format kalimat yang telah disusun. Pengukuran uji reliabilitas ini menggunakan rumus Holsty dan diperkuat dengan hasil reliabilitas menggunakan formula ScootPI Indeks. Berdasarkan hasil penelitian ini, kategori gaya komunikasi yang paling sering muncul dengan frekuensi kemunculan terbesar adalah Kategori gaya komunikasi Agresif sebanyak 88 paragraf berita atau sebesar 94,7 %dari total sampel 93 paragrafberita, yang terbagi kedalam tiga subkategori yaitu : Mengancam 33,3 %, memaksa 13 % dan sarkastis 48,4 %. Kesimpulan dari penelitian ini dimana penggambaran media online kini dapat dimanfaatkan untuk membangun personal branding dengan menunjukkan style atau gaya kepribadian yang ia miliki.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Keywords: | Gaya Komunikasi Politik, Kompas.com, Analisis Isi Kuantitatif. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201) |
Depositing User: | Ida Fitriani Noor |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 01:39 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 01:39 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |