PENGEMBANGAN MODUL IPA TERINTEGRASI NILAI ISLAM DAN LITERASI SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII MTs. DARUSSALAM NGESONG KABUPATEN JOMBANG

Elik, Nurlaili (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERINTEGRASI NILAI ISLAM DAN LITERASI SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII MTs. DARUSSALAM NGESONG KABUPATEN JOMBANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of Tesis_Ellik Nurlaili_S2 Pend Biologi.pdf]
Preview
Text
Tesis_Ellik Nurlaili_S2 Pend Biologi.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Modul IPA ini merupakan modul terintegrasi nilai Islam dan literasi sains yang mengaitkan nilai Islam dalam ayat Al-Qur’an dan hadis serta kompetensi literasi sains ke dalam materi pencemaran lingkungan. Tujuan dilakukan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul IPA terintegrasi nilai Islam dan literasi sains yang valid, praktis dan menghasilkan modul ajar (RPP) sebagai acuan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan modul IPA terintegrasi nilai Islam dan literasi sains. Penelitian dilaksanakan mulai 21 Januari 2023 sampai 13 Januari 2024 di MTs Darussalam Ngesong Kabupaten Jombang. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (Reseach & Development). Reseach & Development (R & D) dilaksanakan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Reseach & Development dilaksanakan pada 2 tahap uji, yaitu uji validitas dan uji kepraktisan. Uji validitas dan uji kepraktisan dianalisa berdasarkan hasil dan uji validitas instrumen oleh validator dan hasil uji kepraktisan oleh praktisi dan peserta didik. Hasil analisis melalui lembar uji validasi disimpulkan bahwa modul IPA terintegrasi nilai Islam dan literasi sains sangat valid dengan rata-rata persentase 87% dengan rincian ahli materi 95%, ahli praktisi 97%, ahli media 78%, dan ahli bahasa 78%. Hasil analisis validasi modul ajar (RPP) diperoleh rata-rata persentase 97% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis uji kepraktisan diperoleh rata-rata prosentase uji kepraktisan peserta didik 89% dan prosentase uji kepraktisan pendidik 89% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis validasi dan kepraktisan diperoleh kesimpulan bahwa modul IPA terintegrasi nilai Islam dan literasi sains dinyatakan sangat valid dan sangat praktis sehingga modul layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan untuk kelas VII di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Student ID: 202120620211010
Keywords: Modul, Integrasi Nilai Islam, Integrasi Literasi Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Master of Biology Education (84105)
Depositing User: 202120620211010 eliknurlaili73
Date Deposited: 08 Mar 2024 01:37
Last Modified: 08 Mar 2024 01:37
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4571

Actions (login required)

View Item
View Item