Pengembangan Game Edukasi Pembiakan Lele Menggunakan Mechanics Dynamics Aesthetics (MDA) Framework

Kholimi, Ali Sofyan and Prasetiyono, Sugeng and Husniah, Lailatul (2020) Pengembangan Game Edukasi Pembiakan Lele Menggunakan Mechanics Dynamics Aesthetics (MDA) Framework. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 9 (3). pp. 313-325. ISSN 2548-4265

[thumbnail of Kholimi Prasetiyono Husniah - MDA Framework GameFlow Test Game Edukasi Budidaya Lele.pdf]
Preview
Text
Kholimi Prasetiyono Husniah - MDA Framework GameFlow Test Game Edukasi Budidaya Lele.pdf

Download (688kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Kholimi Prasetiyono Husniah - MDA Framework GameFlow Test Game Edukasi Budidaya Lele.pdf]
Preview
Text
Similarity - Kholimi Prasetiyono Husniah - MDA Framework GameFlow Test Game Edukasi Budidaya Lele.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan sebagian besar wilayahnya merupakan perairan. Potensi alam ini memberikan kesempatan besar pada Indonesia untuk mensuplai ikan, baik ikan air laut maupun ikan air tawar, ke dalam pasar internasional. Kenaikan produksi budidaya ikan dalam kolam air tawar cukup pesat yaitu berkisar 11 persen setiap tahun dan salah satu ikan air tawar yang populer untuk dibudidayakan adalah Lele. Naiknya tren perikanan budidaya di dunia juga mengakibatkan naiknya permintaan pelatihan budidaya ikan air tawar beserta media-media pelatihannya. Salah satu media pelatihan yang banyak digunakan di dalam pelatihan adalah buku dan video. Namun, Buku dan video memiliki kekurangan dalam hal interaksi aktif antara pengguna kedua media tersebut dan medianya. Game merupakan salah satu alternatif media pembelajaran selain buku dan video yang memiliki kelebihan dalam hal interaksi dengan penggunanya dibandingkan dengan buku dan video. Penelitian ini mencoba untuk mengimplementasikan pembelajaran budidaya ikan Lele dalam sebuah game. Budidaya ikan Lele dipilih karena berdasarkan laporan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) memiliki pangsa pasar terbesar untuk pasar ikan air tawar. Metode yang digunakan untuk mengimplementasikan game manajemen ikan Lele ini adalah Mechanics-Dynamics-Aesthethics (MDA) Framework. Pengujian dengan menggunakan GameFlow Test menunjukkan rata-rata skor nilai sebesar 3.36 (67.2%) yang berarti bahwa hasil implementasi game ini bisa diterima dengan baik oleh pemain.

Item Type: Article
Keywords: MDA Framework, GameFlow Test, Game Edukasi, Budidaya Lele
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: maulana Maulana Chairudin
Date Deposited: 01 Mar 2024 02:03
Last Modified: 01 Mar 2024 02:03
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4415

Actions (login required)

View Item
View Item