ADAWIYAH, ROBIATUL (2018) TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 KEPANJEN MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-robiatulad-51488-1-pendahul-n.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-robiatulad-51488-2-babi.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-robiatulad-51488-3-babii.pdf Download (893kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-robiatulad-51488-4-babiii.pdf Download (345kB) | Preview |
Abstract
Tindak tutur direktif adalah suatu tuturan yang dimaksudkan meminta lawan tutur agar melakukan apa yang penutur inginkan. Tindak tutur direktif merupakan bagian dari komunikasi yang digunakan guru dalam interaksi kelas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana bentuk tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia dalam penanaman nilai karakter pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen Malang?, (2) Bagaimana fungsi tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia dalam penanaman nilai karakter pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen Malang?, (3) Nilai pendidikan apa sajakah yang ditanamkan guru bahasa Indonesia melalui tindak tutur direktif dalam pembelajaran di SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen Malang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu berusaha memberikan data secara sistematis dan cermat tentang fakta-fakta aktual dari sifat populasi tertentu. Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek dari mana data-data dapat diperoleh. Data penelitian ini adalah berupa kata atau kumpulan kata yang dituturkan oleh guru pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen Malang di dalam kelas selama proses pembelajaran berlangsung. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi. Teknik ini digunakan peneliti untuk mengumpulkan data-data secara langsung dari objek yang diteliti, dengan merekam tuturan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dalam tindak tutur direktif guru dalam pengembangan karakter siswa SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen ditemukan dua bentuk tindak tutur direktif. Pertama, tindak tutur langsung. Kedua, tindak tutur tidak langsung. Bentuk tindak tutur ini mempunyai peran masing-masing, bentuk langsung digunaka guru untuk menyatakan secara langsung apa yang diinginkan guru, bentuk tidak langsung digunakan guru apabila ingin menyatakan sesuatu secara tidak langsung. Bentuk tindak tutur direktif guru yang paling sering digunakan adalah tindak tutur direktif langsung. Dari 18 fungsi ditemukan 8 fungsi, yaitu: fungsi bertanya, fungsi bertanya dan menuntut, fungsi membolehkan, fungsi menuntut, fungsi menginstruksikan, fungsi bertanya dan mengarahkan, fungsi bertanya dan meminta, fungsi menginstruksikan dan meminta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Student ID: | 201210080311021 |
Keywords: | Tindak Tutur Direktif, Nilai Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201) |
Depositing User: | Ida Fitriani Noor |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 03:58 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 03:58 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |