UMM Institutional Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI HAK-HAK PEKERJA / BURUH PEREMPUAN YANG BEKERJA DI MALAM HARI DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (Studi di PT. Salco)

ABDILLA, NAILURRAHMAN (2017) ANALISIS IMPLEMENTASI HAK-HAK PEKERJA / BURUH PEREMPUAN YANG BEKERJA DI MALAM HARI DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (Studi di PT. Salco). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nailurrahm-48126-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nailurrahm-48126-2-babi.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nailurrahm-48126-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nailurrahm-48126-4-babiii.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Perlindungan bagi para Pekerja Perempuan yang bekerja pada malam hari sangatlah dibutuhkan termasuk didalamnya keselamatan kerja maupun jaminan sosial. Penelitian ini mengambil rumusan masalah Bagaimanakah implementasi hak-hak pekerja / buruh perempuan yang bekerja di malam hari di PT. Salco, Apakah yang menjadi faktor pendukung atau penghambat dilaksanakannya hak-hak pekerja / buruh perempuan yang bekerja di malam hari, dan Upaya Hukum apa yang dapat ditempuh oleh Pekerja / Buruh Perempuan yang bekerja di malam hari di PT. Salco yang hak-haknya diabaikan oleh Pengusaha. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data primer diperoleh dari lapangan dan data sekunder dari Studi Pustaka dan Peraturan Perundang-Undangan. Teknik pengumpulan datanya berupa Penulis melakukan wawancara dengan pihak dari PT. Salco, dan Pekerja Perempuan yang bekerja pada malam hari di PT. Salco. Kemudian data hasil penelitian tersebut dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Hak-Hak Pekerja Perempuan yang bekerja pada malam hari di PT. Salco telah dipenuhi, kecuali penyediaan angkutan antar jemput bagi pekerja / buruh perempuan yang bekerja pada malam hari. Hak Gaji / Upah yang diperoleh oleh Buruh Perempuan antara lain Upah Pokok yang berupa gaji / upah bulanan, Tunjangan Kesehatan dan Kematian, serta Tunjangan Makan dan Transportasi. Faktor pendukung dilaksanakannya hak-hak tersebut adalah Faktor Hukum dan Faktor Penegak Hukum, sedangkan Faktor penghambatnya adalah Faktor Sarana dan Fasilitas serta Faktor Masyarakat. Upaya Hukum yang dapat dilakukan oleh pekerja perempuan apabila hak-haknya tidak dipenuhi oleh pengusaha adalah Upaya Bipartit, Upaya Tripartit, dan Upaya melalui Jalur Pengadilan Hubungan Industrial. Saran, Bagi PT. Salco diharapkan untuk kedepannya dapat memenuhi hak-hak Pekerja / Buruh Perempuan yang bekerja pada malam hari, terkait dengan penyediaan angkutan antar jemput.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Jan 2018 03:15
Last Modified: 12 Jan 2018 03:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36256

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo