Pengembangan Aplikasi Pembelajaran IPA Kelas VII berbasis Android

Husniah, Lailatul and Yuneta, Nor Apri and Wahyuni, Evi Dwi and Kholimi, Ali Sofyan (2019) Pengembangan Aplikasi Pembelajaran IPA Kelas VII berbasis Android. In: Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA). 2019 ed. Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, Indonesia, pp. 148-154. ISBN 2527-6050

[thumbnail of Husniah Yuneta Wahyuni Kholimi - Media pembelajaran MDLC Android.pdf]
Preview
Text
Husniah Yuneta Wahyuni Kholimi - Media pembelajaran MDLC Android.pdf

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Husniah Yuneta Wahyuni Kholimi - Media pembelajaran MDLC Android.pdf]
Preview
Text
Similarity - Husniah Yuneta Wahyuni Kholimi - Media pembelajaran MDLC Android.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi adalah proses belajar mengajar di sekolah yang menggunakan media komputer, selain komputer saat ini banyak ditemui penggunaan smartphone sebagai sarana pembelajaran. Saat ini guru dituntut sekurang-kurangnya harus memiliki kompetensi menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional. Namun tidak semua guru mampu mengembangkan aplikasi pembelajaran serta menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional. Selain itu, ada beberapa mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa seperti matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya pelajaran fisika kelas VII tentang materi suhu, kalor dan pemuaian, sehingga perlu adanya sarana penunjang untuk pembelajaran selain disekolah. Penggunaan alat peraga juga belum maksimal karena tidak mencakup seluruh siswa di dalam kelas, hanya beberapa siswa saja yang dapat menggunakan alat peraga dalam proses belajar. Informasi tersebut didapat berdasarkan hasil wawancara dengan mitra khususnya guru IPA kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Malang. Oleh karena itu penelitian ini fokus pada pengembangan aplikasi pembelajaran IPA kelas VII tentang materi suhu, pemuaian, dan kalor yang berjalan pada platform Android menggunakan metode pengembangan MDLC serta menggabungkan
beberapa konsep media pembelajaran yang sudah pernah diteliti sebelumnya dan disesuaikan dengan kebutuhan di Mts Muhammadiyah 1 Malang. Hasil pengujian menggunakan metode Black Box Testing dan User Acceptance Test menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran IPA kelas VII dapat berjalan sesuai dengan perancangan yang telah dilakukan. Semua menu dan tombol dapat berfungsi dengan baik dan dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Implementasi interaksi sentuhan tangan pada tombol maupun pada objek dapat berjalan sesuai scenario dan pengguna dapat mengoperasikan dan menggunakan aplikasi dengan baik.

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: Media Pembelajaran IPA Kelas VII, kurkulum 2013, MTs Muhammadiyah 1 Malang, MDLC, dan Android
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: maulana Maulana Chairudin
Date Deposited: 07 Feb 2024 05:52
Last Modified: 07 Feb 2024 05:52
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3584

Actions (login required)

View Item
View Item