PERAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI MODERATOR PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP KENAKALAN REMAJA

Dewi. Z, Indah Sari (2024) PERAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI MODERATOR PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP KENAKALAN REMAJA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of TESIS.pdf]
Preview
Text
TESIS.pdf

Download (777kB) | Preview

Abstract

Kenakalan remaja merupakan perilaku yang dilakukan oleh anak-anak muda dikarenakan adanya pengabaian sosial sehingga terbentuklah perilaku yang menyimpang. Tindakan kenakalan tidak muncul tanpa adanya faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah ketika remaja melakukan konformitas terhadap teman sebayanya. Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap kenakalan remaja akan diperlemah ketika remaja memiliki kecerdasan emosional. Dengan memiliki kecerdasan emosional remaja akan mampu untuk mengekspresikan emosinya dengan tepat dan regulasi emosi yang adaptif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional bisa memoderasi pengaruh konformitas teman sebaya terhadap kenakalan remaja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 350 remaja. Pengukuran menggunakan instrumen Self Report Delinquency (SRD), Peer Conformity Disposition Scale (PCSD), dan Wong and Law Emotional Intelligence Scale (WLEIS). Analisis data menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak berperan sebagai moderator pada pengaruh konformitas teman sebaya terhadap kenakalan remaja (β=0.558; p=0.081).

Item Type: Thesis (Masters)
Student ID: 202210440211006
Keywords: Konformitas teman sebaya. kenakalan remaja, kecerdasan emosional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Master of Psychology (73101)
Depositing User: 202210440211006 indahsadezu
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:27
Last Modified: 06 Feb 2024 07:27
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3508

Actions (login required)

View Item
View Item