UMM Institutional Repository

PENGARUH TERAPI YOGA ANAK TERHADAP PERUBAHAN GANGGUAN EMOSIONAL PADA SISWA SISWI DI SDN 1 SUKODADI KECAMATAN WAGIR KABUPATEN MALANG

ANDINI, LAILA TRI (2017) PENGARUH TERAPI YOGA ANAK TERHADAP PERUBAHAN GANGGUAN EMOSIONAL PADA SISWA SISWI DI SDN 1 SUKODADI KECAMATAN WAGIR KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailatrian-46309-1-pendahul-n.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailatrian-46309-2-babi.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Keyword : Terapi Yoga Anak, Gangguan Emosional ABSTRAK Latar Belakang: Perkembangan emosi pada anak usia sekolah cenderung mengalami peningkatan. Anak belum mampu dalam mengelola emosi dengan tepat sehingga anak lebih rentan berperilaku emosional. Dampak yang terjadi adalah anak akan berkembang menjadi mudah cemas, pemurung, impulsif bahkan agresif. Yoga memiliki beberapa komponen salah satunya adalah teknik relaksasi, teknik ini dapat menurunkan ketegangan dan stres dan teknik meditasi yang memiliki manfaat dalam meningkatkan konsentrasi serta emosional positif. Metode Penelitian: Desain Penelitian yang digunakan adalah Pre-Experiment dengan pendekatan One Group Pre-Pos Design. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Oktober 2016 di SDN 1 Sukodadi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas I-III yang memiliki masalah emosional sebanyak 30 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposibe sampling. Analisa data menggunakan uji paired t-test. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukan rata-rata total hasil emosional skor sebelum melakukan latihan yoga didapatkan skor rata-rata 15,43 sedangkan setelah melakukan latihan yoga didapatkan skor rata-rata 8,73. Hasil analisis uji paired sample t-test dengan program SPSS diperoleh nilai probabilitas (p)= 0,000, sedangkan nilai thitung =7,714. Nilai P<0,05. Hasil uji paired t-test menunjukan bahwa terapi yoga memiliki pengaruh terhadap perubahan gangguan emosional pada siswa siswi sekolah dasar. Kesimpulan : Gangguan emosional mengalami penurunan setelah melakukan latihan yoga karena dengan melakukan latihan yoga dapat merangsang hormon endorphin yang memberikan rasa nyaman, menurunkan stres dan menimbulkan relaksasi pada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 21 Jan 2017 01:43
Last Modified: 21 Jan 2017 01:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34640

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo