KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE AKM BERDASARKAN TAHAPAN KRULIK DAN RUDNICK

Oktaviani, Fatimah (2024) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE AKM BERDASARKAN TAHAPAN KRULIK DAN RUDNICK. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal tipe AKM berdasarkan tahapan Krulik dan Rudnick. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 siswa kelas VIII D SMPN 26 Malang yang diambil dari kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah soal tes AKM yang berjumlah 2 soal, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal tes AKM dan pedoman wawancara. Dari hasil kinerja siswa dalam menjawab soal tes AKM dan wawancara, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal AKM disetiap tahapan Krulik dan Rudnick hanya mampu menggunakan representasi simbolik dan masuk kriteria kemampuan representasi rendah. Kemudian, kemampuan representasi pada siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu menunjukan representasi simbolik dan juga verbal, masuk pada kriteria kemampuan representasi sedang. Dan kemampuan representasi pada siswa dengan kemampuan matematika tinggi dapat menggunakan berbagai representasi dalam menyelesaikan soal tipe AKM berdasarkan tahapan Krulik dan Rudnick dan masuk pada kriteria kemampuan representasi tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201910060311009
Keywords: KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS, SOAL TIPE AKM, TAHAPAN KRULIK DAN RUDNICK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: 201910060311009 oktfatimah27
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:17
Last Modified: 05 Feb 2024 06:17
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3416

Actions (login required)

View Item
View Item