UMM Institutional Repository

HIPERREALITAS COSPLAY PADA KOMUNITAS COSUKI DI MALANG (Studi pada Komunitas COSUKI di Malang)

Sari, Febri Nilam (2016) HIPERREALITAS COSPLAY PADA KOMUNITAS COSUKI DI MALANG (Studi pada Komunitas COSUKI di Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-febrinilam-45492-1-pendahul-n.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-febrinilam-45492-2-babi.pdf

Download (721kB) | Preview

Abstract

Keyword : Hiperealitas, Cosplay,Komunitas Cosuki ABSTRAKSI Cosplay adalah suatu bentuk budaya populer Jepang dalam bentuk karakter permainan Roleplaying anime, manga dalam bentuk nyata yang diperankan oleh manusia. Cosplay sendiri di Kota Malang sudah menjamur pada kalangan remaja. Salah satu contoh dari fenomena tersebut adalah adanya sebuah komunitas yang didasari oleh kegemaran untuk berpenampilan jejepangan. Jejepangan begitu identik dengan orang-orang baik individu maupun komuniti yang menyukai kebudayaan-kebudayaan Jepang secara garis besar. Salah satu komunitas penggemar cosplay di Malang ini adalah Komunitas COSUKI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi gambaran secara sistematis faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada dalam Hiperealitas Cosplay Pada Komunitas COSUKI di Kota Malang.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.Sedangkan teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif dengan informan yang diambil menggunakan Purposive sampling dan Accidental sampling. Teori yang digunakan dalam menganalisa permasalahan adalah Teori Hiperrealitas dari Jean Baudrillard Hiperealitas cosplay dapat ditunjukan dari berbagai cara dilihat dari realitas fashion yang berlebihan ketika komunitas COSUKI mengikuti event . Realitas cosplay yang dimainkan oleh anggota komunitas COSUKI nampak lebih nyata dari realitas yang sebenarnya. Dimana komunitas COSUKI menganggap bahwa dirinya mirip dengan tokoh dalam film anime. Sehingga komunitas COSUKI terjebak didalam ruang simulasi dan simulakrum, apa yang dilihat hanyalah sebuah ilusi yang kemudian dipresentasikan kedalam tampilan cosplay.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 27 Oct 2016 09:08
Last Modified: 27 Oct 2016 09:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34139

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo