UMM Institutional Repository

RESISTENSI PAGUYUBAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL TERHADAP PEMBANGUNAN MALL DINOYO CITY (Studi di Paguyuban Pedagang Pasar Dinoyo Kota Malang)

MUSLIMIN, IKHWANUL (2016) RESISTENSI PAGUYUBAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL TERHADAP PEMBANGUNAN MALL DINOYO CITY (Studi di Paguyuban Pedagang Pasar Dinoyo Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikhwanulmu-43374-1-pendahul-n.pdf

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikhwanulmu-43374-2-babi.pdf

Download (891kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pasar Tradisonal, Paguyuban, Pedagang. ABSTRAK Kebijakan pemerintah kota Malang yang akan merubah peruntukan pasar tradisional ke pasar modern (mall) dengan cara bekerja sama dengan investor dalam hal ini PT. Citra Gading Aritama mendapat perlawanan dari para pedagang tradisional yang sebelumnya, para pedagang beralasan telah berjualan di pasar tradisional Dinoyo tersebut telah lama, para pedagang juga beralasan tetap membayar retribusi ke pemerintah kota Malang. Untuk mengorganisir diri para pedagang bersatu dalam melakukan penolakan rencana pemerintah kota tersebut mereka bersepakat untuk membentuk paguyuban yang dinamakan dengan Persatuan Pedagang Pasar Dinoyo Kota Malang (P3DKM) kemudian melakukan beberapa aksi seperti protes, demonstrasi, melaporkan kebijakan pemerintah kota, meminta dukungan telah dilakukan oleh para pedagang untuk mendapatkan haknya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah resistensi paguyuban pedagang pasar tradisional terhadap pembangunan mall Dinoyo city. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodelogi kualitatif. Simpulan dari penelitian ini Bentuk-bentuk resistensi paguyuban pedagang pasar tradisional Dinoyo dalam pembanguan mall Dinoyo city untuk merubah dan mempengaruhi kebijakan pemerintah kota belum dapat terwujud meskipun telah di upayakan secara bersama-sama oleh para pedangang yang tergabung dalam paguyuban persatuan pedagang pasar tradisional Dinoyo kota Malang. Terbatasnya sumberdaya manusia di dalam melakukan tuntutan kepada pemerintah kota membuat para pedagang yang tergabung dalam paguyuban harus di dampingi oleh bebberapa kalangan baik itu akademisi, LSM, dan organisasi-organisasi lainnya. Tidak adanya transparansi dari pemerintah kota terkait dengan rencana nasib para pedagang kedepannya membuat para pedagang geram dan konfliknya menjadi larut yang pada akhirnya mall Dinoyo city tetap di bangun dan telah di buka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Oct 2016 03:37
Last Modified: 18 Oct 2016 03:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33756

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo