UMM Institutional Repository

Strategi Bank Sampah Malang dalam Meningkatkan Kesadaran dan Pelayanan Kepada Kelompok Binaan (Studi Pada Bank Sampah Malang)

Taufik, (2016) Strategi Bank Sampah Malang dalam Meningkatkan Kesadaran dan Pelayanan Kepada Kelompok Binaan (Studi Pada Bank Sampah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-taufik-43662-1-pendahul-n.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-taufik-43662-2-babi.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Keyword : Strategi, Kesadaran, Pelayanan¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬ Abstrak Perkembangan dan pertumbuhan penduduk yang pesat di daerah perkotaan mengakibatkan daerah pemukiman semakin luas dan padat. Peningkatan aktivitas manusia, lebih lanjut menyebabkan bertambahnya sampah. Penanganan sampah yang selama ini dilakukan belum sampai pada tahap memikirkan proses daur ulang atau menggunakan ulang sampah tersebut. Stategi pelayanan yang diberikan BSM terhadap nasabah sangat banyak, antara lain : memberi kemudahan dengan penjemputan sampah pada kelompok masyarakat, tepat waktu dalam pengambilan, dapat memberi pinjaman dan tidak memberi suku bunga, nasabah dapat membeli sembako dan membayar listrik dengan sampah serta penimbangan sampah disaksikan langsung didepan nasabah. Jenis penelitian ini adalah menggunakan jenis kualitatif, dengan pendekatan deskriptif dimana lokasi penelitian ini dilakukan di Bank Sampah Malang, Kecamatan Sukun, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi. Informan penelitian sebanyak 5 (lima) informan. Teknik pengambilan informan dalam penelitian ini, dilakukan dengan purposive sampling yaitu teknik penentuan informan dengan pertimbangan tertentu. Teknik ini bisa diartikan sebagai suatu proses pengambilan sampel dengan menentukan terlebih dahulu jumlah sampel yang hendak diambil, kemudian pemilihan sampel dilakukan dengan berdasarkan tujuan-tujuan tertentu, asalkan tidak menyimpang dari ciri-ciri sampel yang ditetapkan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan ini adalah teori strukturasi Anthony Giddens, struktur secara otomatis akan memiliki alat atau cara yang digunakan untuk membentuk hubungan dengan agen atau kelompok binaan dalam melakukan praktik sosial, seperti halnya dalam melakukan pengolahan sampah dengan mengedepankan kualitas pelayanan agar memperkuat relasi antara struktur dan agen tersebut. Dari hasil penelitian strategi bank sampah malang, bahwa strategi yang dilakukan seperti meningkatkan kesadaran masyarakat, menerapkan program, menerapkan praktek, dan pelayanan pada kelompok binaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Oct 2016 03:25
Last Modified: 18 Oct 2016 03:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33752

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo