UMM Institutional Repository

Studi Tindakan Rasionalitas Instrumental Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (supeltas) Di Kota Malang (Studi Di Jalan Mertojoyo Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

Aslan, Zul (2016) Studi Tindakan Rasionalitas Instrumental Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (supeltas) Di Kota Malang (Studi Di Jalan Mertojoyo Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zulaslan-43698-1-pendahul-n.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zulaslan-43698-2-babi.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Keyword : Tindakan, Rasionalitas Instrumental, Sukarelawan Pengatur Lalu lintas (Supeltas) Abstrak Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (supeltas)di Jalan Mertojoyo Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang merupakan masayarakat sipil yang memanfaatkan kemacetan lalu lintas untuk mendapatkan penghasilan,Tindakan tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, pekerjaan mengatur lalu lintas sudah menjadi pekerjaan tetap dari masing-masing individu, hal ini dipilih disebabkan pekerjaan tersebut sangat pragmatis tanpa harus dengan skil yang khusus, modal yang besar, waktu yang lama, dan tanpa aturan yang mengikat. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, lokasi penelitian ini dilakukan di jalan Mertojoyo Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang,Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, obersvasi,studi dokumentasi. Subyek penelitian sebanyak 6 (enam) subyek. Penentuan subyek penelitian yakni total sapling, yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan ini adalah teori rasionalitas instrumental Max Weber. Weber yang begitu luas kekhasannya, asal usul perkembangan “rasionalisme” kebudayaan barat yang menjadi inti dari pemikirannya, Ia membedakan rasionalitas menjadi dua bagian yaitu rasionalitas sarana-tujuan dan rasionalitas nilai, rasionalitas tujuan yakni setiap jalan hidup yang memandang dan menilai aktivitas-aktivitas duniawi dalam kaitannya dengan kepentingan individu yang murni pragmatis dan egoistis. Dari hasil penelitian ini pekerjaan menjadi sukarelawan pengatur lalu lintas (supeltas) merupakan pekerjaan dengan hasil yang menjanjikan dengan hanya bekerja dalam waktu yang singkat, pendapatan perhari tinggi, waktu bekerja yang singkat, sistem kerja terjadwal, mempunyai pekerjaan sampingan, bekerja dengan aturan sendiri atanpa ada paksaan, kekuatan kelompok yang terjamin, dan dengan lokasi yang mudah di jangkau.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Oct 2016 03:18
Last Modified: 18 Oct 2016 03:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33750

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo