UMM Institutional Repository

Studi Deskriptif Tentang Pergeseran Eksistensi Pengrajin Batik Tradisional Pada Industri Rumah Tangga (Studi Pada Pengrajin Batik di Desa Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan).

Qomar, Hairul (2016) Studi Deskriptif Tentang Pergeseran Eksistensi Pengrajin Batik Tradisional Pada Industri Rumah Tangga (Studi Pada Pengrajin Batik di Desa Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hairulqoma-43700-1-pendahul-n.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hairulqoma-43700-2-babi.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Keyword : eksistensi, pengrajin batik,relasi sosial Abstrak Industri memiliki peranan yang sangat penting bagi pembangunan perekonomian suatu Negara. Indonesia sebagai Negara yang berkembang menitikberatkan bahwa pembangunan di sektor industri merupakan bagian dari suatu proses pembangunan nasional dalam rangka menigkatkan pertumbuhan ekonomi yang dapat membawa perkembangan pada suatu daerah dan perubahan terhadap kehidupan masyarakat. Dalam era pasar bebas seperti sekarang ini di mana segala sesuatu dijalankan dengan teknologi canggih tentu saja mempunyai dampak yang sangat besar terhadap industri yang ada di Indonesia, namun ternyata masih ada sebuah figur perekonomian desa yang masih mampu bertahan dengan mengandalkan kerajinan batik tadisional karena batik sebagai warisan tradisi kesenian dan kebudayaan bangsa asli Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda, batik merupakan aset bangsa yang harus dilestarikan agar tidak punah. Desa kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan merupakan sentra batik tradisional dan modern Madura. Batik tradisional madura yang memiliki ciri khas tersendiri terus berupaya untuk dikembangkan dengan maksimal dan diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Dengan berbagai hambatan yang ada seperti masalah kurangnya modal, pemasaran yang masih monoton dan kurangnya perhatian dari pemerintah terhadap pemilik usaha dan pengrajin batik tradisional masih ada berbagai upaya dan strategi yang dilakukan mereka agar tetap eksis dan untuk mengembangkan usaha batiknya, diantaranya adalah: Menjaga kualitas hasil produk batik tulis agar konsumen puas dan tetap menjadi peminat batik tradisional, pengerjaan produksi batik yang tepat waktu dan sesuai dengan permintaan konsumen karena kepuasaan konsumen adalah yang utama, pengrajin lebih kreatif dan berinovasi terhadap motif batik sesuai dengan perkembangan pada saat ini, sehingga batik tradisional tetap di minati berbagai kalangan dan pemasaran yang aktif dan tidak monoton. Kelangsungan hidup manusia lebih banyak dipengaruhi oleh kemampuannya menyesuaikan diri dengan lingkungan fisik dan sosial yang selalu berubah dari waktu kewaktu. Kemampuan menyesuaikan diri berlaku pula di dunia industri, hubungan sosial antara pengrajin batik tradisional dan pengrajin batik modern terjalin dengan baik karena mereka di hadapakan pada berbagai permasalahan yang sama yang menuntut mereka untuk menyesuaikan diri terhadap keadaan agar dapat tetap bertahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Oct 2016 03:16
Last Modified: 18 Oct 2016 03:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33749

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo