UMM Institutional Repository

POTRET JARINGAN SOSIAL ANAK JALANAN DI WILAYAH KOTA MALANG

Pangestuti, Fidya Tri (2016) POTRET JARINGAN SOSIAL ANAK JALANAN DI WILAYAH KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fidyatripa-44782-1-pendahul-n.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fidyatripa-44782-2-babi.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Keyword : Portrait , Social Networking , Street Children, Potret, Jaringan Sosial, Anak Jalanan Anak jalanan adalah anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan kegiatan hidup sehari-hari di jalanan, baik untuk mencari nafkah atau berkeliaran di jalan dan tempat-tempat umum lainnya. Jaringan sosial sebagai seperangkat hubungan khusus atau spesifik yang terbentuk diantara sekelompok orang yang karakteristik hubungan-hubungan tersebut dapat digunakan untuk menginterpretasi motif-motif perilaku sosial dari orang-orang yang terlibat didalamnya. Rumusan masalahnya adalah bagaimana gambaran tentang jaringan sosial anak jalanan di wilayah Kota Malang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian fenomenologi, dengan pendekatan kualitatif. Suatu bentuk metode yang meneliti suatu subyek, yang memaparkan suatu fenomena pengalaman manusia. Teknik penentuan subyek yaitu snowball, dengan subyek penelitian sebanyak 6 anak jalanan. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan untuk menganalisa penelitian ini adalah teori Wellman,yaitu studi ikatan-ikatan di kalangan dan diantara para aktor yang tidak “terikat secara memadai dan terajut secara rapat untuk disebut kelompok”. Dan juga teori Granovatter, mengenai “kekuatan dari ikatan-ikatan yang kuat dan lemah”. Granovetter membedakan antara “ikatan-ikatan yang kuat, contohnya hubungan-hubungan di antara orang-orang dan sahabat-sahabat dekatnya dan “ikatan-ikatahn yang lemah” contohnya, hubungan-hubungan di antara orang-orang dan kenalan-kenalan belaka. Kesimpulan dari jaringan sosial pada anak jalanan yaitu aktor dalam jaringan sosial anak jalanan adalah sekelompok anak yang melakukan aktivitas di jalanan untuk memperoleh uang, seperti yang dilakukan oleh Farhan, Sholehudin, Fikih, Aris, Arip dan Yusuf. Sementara hubungan yang terjalin antar aktor adalah hubungan pertemanan. Sehingga jaringan sosial pada anak jalanan juga merupakan jaringan kelompok, yaitu sekelompok anak jalanan yang sama – sama melakukan aktivitas di jalanan untuk mendapatkan uang dan mereka saling berinteraksi satu sama lain di jalanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Oct 2016 03:06
Last Modified: 18 Oct 2016 03:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33747

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo