UMM Institutional Repository

UPAYA DISABILITAS DALAM EKSISTENSI SOSIAL SEBAGAI SUBJEK (SELF) (Studi Pada Himpunan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro)

CAHYANI, JIVITA DWI (2016) UPAYA DISABILITAS DALAM EKSISTENSI SOSIAL SEBAGAI SUBJEK (SELF) (Studi Pada Himpunan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jivitadwic-44783-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jivitadwic-44783-2-babi.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

Keyword : Disability, Social Existence, Subject (Self), Disabilitas, Eksistensi Sosial, Subjek (Self) Kehidupan Disabilitas harus menyesuaikan keberadaanya dalam masyarakat sebagai bentuk bahwa dirinya ada dalam masyarakat dan mampu berpartisipasi dalam masyarakat. Disabilitas lebih familiar dimasyarakat umum disebut penderita cacat fisik, dan mental kecacatan seharusnya tidak menjadi halangan bagi disabilitas untuk memperoleh hak hidup dan hak mempertahakan kehidupannya serta memerlukan kebebasan tanpa terikat oleh nilai-nilai yang ada dalam masyarakat, sehingga keberadaanya menjadi eksis dalam lingkungan masyarakat. Bahkan secara ekstern keluarga masih menyembunyikan anggota keluarganya yang cacat itu terutama di pedesaan, masyarakat masih memandang sebelah mata terhadap keberadaan meraka. Fenomena ini terjadi di Desa Lengkong, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini menggunakan fenomenologi, dengan pendekatan kualitatif. Suatu bentuk metode yang meneliti suatu subjek, yang memaparkan suatu fenomena pengalaman manusia. konsep utama dalam fenomenologi adalah makna. Makna merupakan isi penting yang muncul dari pengalaman kesadaran manusia. untuk mengidentifikasi kualitas dari essensial pengalaman kesadaran dilakukan secara wawancara mendalam dan teliti. Teknik pengumpulan data menggunakan epoche, reduksi fenomenologi, variasi imajinasi, sistematika makna dan esensi. Subjek penelitian sebanyak 5 (lima) subjek. Teknik penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu pemilihan subjek berdasarkan tujuan-tujuan tertentu, asalkan tidak menyimpang dari ciri-ciri yang ditetapkan. Adapun teknik analisa data yang digunakan tahap awal pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan ini adalah teori Jean Paul Sartre dengan konsep Eksistensialisme. Segala sesuatu (apa saja) yang dialami oleh manusia. Objek eksistensi adalah kebebasan manusia, seperti pengalaman personal maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Oct 2016 03:02
Last Modified: 18 Oct 2016 03:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33746

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo