UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI KURIKULUM BERBASIS TAUHID DI HOMESCHOOLING GROUP SD KHOIRU UMMAH 20 MALANGA

MUKHAROM, AGUS ALIP (2016) KONSTRUKSI KURIKULUM BERBASIS TAUHID DI HOMESCHOOLING GROUP SD KHOIRU UMMAH 20 MALANGA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agusalipmu-43072-1-pendahul-n.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agusalipmu-43072-2-babi.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kurikulum, Tauhid ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konstruksi kurikulum berbasis tauhid di Homeschooling Group SD Khoiru Ummah Malang. Adapun yang menjadi permasalahan pada penelitian ini adalah fokus terhadap bagaimana konstruksi atau model kurikulum berbasis tauhid di Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 20 Malang, berikut dasar pemikiran, muatan dan implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah Kepala Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 20 Malang, Wakil Kepala Bidang kurikulum, dan Guru. Pemilihan Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 20 Malang sebagai setting penelitian didasarkan informasi bahwa lembaga ini menerapkan kurikulum berbasis tauhid. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis data kualitatif, yakni reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ialah; (1) Pengembangan kurikulum berbasis tauhid didasari oleh empat hal, pertama, timbulnya degradasi moral pada anak yang disebabkan oleh pengaruh pemikiran Barat, seperti kapitalis, sekularis dan liberalis, kedua, keinginan untuk mewujudkan generasi yang memiliki pola pikir dan pola hidup Islami, ketiga, rasa prihatin terhadap generasi yang lemah aqidahnya, dan keempat, keinginan untuk mewujudkan generasi yang saleh dan cerdas. (2) Muatan kurikulum terdiri dari kurikulum dasar, kurikulum inti dan kurikulum penunjang. (3) Implementasi kurikulum ini ialah dengan mengintegrasikan muatan aqidah Islam (tauhid) di setiap mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Oct 2016 02:16
Last Modified: 18 Oct 2016 02:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33744

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo