Pola Pembentukan Karakter Disiplin Belajar PPKn Sebagai Civic Virtues Siswa Di MTs Sirajul Mukminin Azzakiyah

Rupita, Reni and Aditya Dewantara, Jagad and Widodo, Rohmad (2021) Pola Pembentukan Karakter Disiplin Belajar PPKn Sebagai Civic Virtues Siswa Di MTs Sirajul Mukminin Azzakiyah. Jurnal Civic Hukum, 6 (2). pp. 137-146. ISSN P-ISSN: 2623-0216 E-ISSN: 2623-0224

[thumbnail of Rupita Dewantara Widodo - Pola Pembentikan Karakter.pdf]
Preview
Text
Rupita Dewantara Widodo - Pola Pembentikan Karakter.pdf

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Rupita Dewantara Widodo - Pola Pembentikan Karakter.pdf]
Preview
Text
Similarity - Rupita Dewantara Widodo - Pola Pembentikan Karakter.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ketika proses belajar mengajar berlangsung, guru Mata Pelajaran PPKn di MTs Sirajul
Mukminin Azzakiyah mengeluh karena karakter disiplin belajar siswa yang masih kurang
baik, seperti siswa tidak mencatat materi pelajaran, bahkan ada siswa yang tidur saat guru
menjelaskan. Seharusnya dalam kegiatan belajar mengajar, siswa harus memiliki karakter
disiplin belajar yang baik karena karakter disiplin merupakan kunci utama sebagai penentu
berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan
untuk mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter disiplin belajar PPKn siswa.
Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitataif deskriptif yang menjelaskan
bagaimana proses pembentukan karakter disiplin belajar PPKn siswa kelas VII di MTs
Sirajul Mukminin Azzakiyah Desa Pesaguan Kanan. Adapun teknik pengumpulan data
dilakukan melalui teknik wawancara karena sistem pembelajaran yang dilakukan secara
online, maka peneliti terkendala untuk melakukan teknik observasi. Jumlah informan yang
diambil sebanyak sembilan orang yakni Kepala MTs Sirajul Mukminin Azzakiyah, Guru
PPKn, Waka Kesiswaan dan siswa kelas VII A dan siswa kelas VII B. Adapun hasil yang
diperoleh dari penelitian yakni pembentukan karakter disiplin belajar PPKn siswa kelas VII
dilakukan oleh guru PPKn melalui tiga cara yakni dengan mengajarkan siswa agar masuk
kelas tepat waktu, mengarahkan siswa agar membaca doa sebelum dan sesudah belajar
serta menasehati siswa. Pembentukan karakter disiplin belajar yang dilakukan ternyata bisa
membuat siswa lebih disiplin, lebih mudah untuk diarahkan serta lebih mudah untuk diatur.
Dalam pembentukan karakter disiplin belajar PPKn siswa ini, peranan guru merupakan hal
yang sangat penting karena guru tidak hanya bertugas mentransferkan ilmu pengetahuan,
namun guru juga memiliki kewajiban dalam membentuk karakter siswa, membimbing siswa,
mengarahkan siswa dan sebagainya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: rohmad Rohmad Widodo Drs. M.Si.
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:59
Last Modified: 06 Feb 2024 06:59
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3272

Actions (login required)

View Item
View Item