UMM Institutional Repository

STRATEGI PEMASARAN TANAMAN ANGGREK (STUDI KASUS DI HANDOYO BUDI ORCHIDS MALANG)

PURNOMO, SETIAWAN DWI (2008) STRATEGI PEMASARAN TANAMAN ANGGREK (STUDI KASUS DI HANDOYO BUDI ORCHIDS MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2008-setiawandw-13016-A.+PENDA-N.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak diburu kalangan tertentu. Tanaman anggrek mempunyai potensi yang sangat besar untuk dikembangkan secara komersil. Komoditi bunga Anggrek mempunyai pasaran yang kondisinya tidak menentu dan fluktuatif dari segi permintaan dan penawarannya, menyebabkan harga komoditi ini sangat berfluktuasi, dimana pada saat-saat tetentu harga dipasarkan merosot dan disaat yang lain harganya sangat membumbung tinggi. Peran manajemen pemasaran sangat menentukan dalam meningkatkan efektivitas dan tercapainya sasaran perluasan seperti perluasan pangsa pasar dan keuntungan. Manajemen pemasaran nantinya akan memunculkan berbagai strategi-strategi pemasaran untuk mengatasi masalah perusahaan baik dalam lingkungan internal dan eksternal perusahaan yaitu meliputi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan memerlukan analisa SWOT (Strenght, Weaknesss, Opportunity, threats), karena akan memudahkan dalam pemilihan dan penetapan strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan keuntungan volume penjualan, dan luas pangsa pasar. Karena mengingat pentingnya manajemen dan strategi pemasaran untuk keberhasilan usaha pembibitan anggrek di Handoyo Budi orchids, maka diperlukan penelitian dengan judul "STRATEGI PEMASARAN TANAMAN ANGGREK DI HANDOYO BUDI ORCHIDS MALANG". Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan Handoyo Budi Orchids dalam memasarkan produknya; dan 2) Merumuskan srategi pemasaran di Handoyo Budi Orchids yang selama ini dijalankan dalam menghadapi persaingan usaha tani Anggrek. Penentuan tempat penelitian ini dilakukan secara sengaja (Purposive) yaitu di Handoyo Budi Orchids Jalan Bondowoso no 9A Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah responden (konsumen) Handoyo Budi Orchids, dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dengan harapan tercukupi untuk kepentingan analisis. Responden yang dipilih adalah mereka yang berkunjung ke Handoyo Budi Orchids Jalan Bondowoso no 9A Malang. Metode pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan metode observasi. Metode dan analisis yang digunakan adalah analisa deskrtiptif, analisa faktor, dan analisa kuantitatif, yang meliputi: 1)Matrik Faktor Strategi Eksternal; 2) Matrik Faktor Strategi Internal; dan 3)Matrik SWOT. Konsumen tanaman Anggrek di Handoyo Budi Orchids rata-rata mempunyai jenis kelamin perempuan, berusia 30-39 tahun, berasal dari Malang, pekerjaan wiraswasta, dan berpenghasilan Rp. 625.000,- sampai dengan Rp. 1.875.002,-. Kekuatan yang dimiliki dalam pemasaran tanaman Anggrek adalah warna bunga Anggrek yang menarik, lokasi yang strategis, jumlah tanaman yang banyak, harga yang biasa dan dapat dijangkau oleh semua kalangan, dan pelayanan yang baik. Kelemahan yang dimiliki dalam pemasaran tanaman Anggrek adalah penataan tempat yang jelek, transportasi yang dimiliki kurang, dan sempitnya lahan yang dimiliki oleh Handoyo Budi Orchids. Peluang yang dimiliki dalam pemasaran tanaman Anggrek adalah sudah dikenalnya tanaman Anggrek di kalangan masyarakat, tanaman Anggrek yang selalu tersedia sepanjang tahunnya, meningkatnya pertumbuhan penduduk, dan pangsa pasar yang luas. Ancaman yang ada dalam pemasaran tanaman Anggrek yaitu makin maraknya tanaman hias, banyaknya toko maupun kios yang menjual tanaman Anggrek, dan variasi tanaman Anggrek yang makin berkurang. Strategi pemasaran yang ideal setelah dilakukan analisa SWOT yang disesuaikan dengan analisa matrik faktor strategi internal-eksternal pemasaran tanaman Anggrek adalah strategi W-O (Weakness-Opportunities), yaitu dengan memperbaiki layout yang sudah ada menjadi lebih baik lagi, memperluas lahan supaya peningkatan produksi tetap berjalan sehingga tanaman Anggrek selalu tersedia, dan menambah transportasi sehingga bisa menjangkau pasar yang luas. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:59
Last Modified: 23 Jun 2016 06:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32332

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo