UMM Institutional Repository

ANALISIS HARGA POKOK PUPUK ORGANIK "TASUKE" ( Studi Kasus di PT. Tasuke Desa Karang Asem Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan)

WAHYUNI, IKA TRIYAS (2008) ANALISIS HARGA POKOK PUPUK ORGANIK "TASUKE" ( Studi Kasus di PT. Tasuke Desa Karang Asem Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2008-ikatriyasw-13236-Pendahul-n.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pupuk merupakan bahan yang mengandung satu atau lebih unsur hara yang diperlukan tanaman untuk meningkatkan hasil panen. Tujuan utama pemupukan adalah pada umumnya untuk memelihara dan memperbaiki kesuburan tanah. Sekarang ini selain pupuk kimia para petani sudah mulai menggunakan pupuk organik untuk tanaman mereka. Hal ini disebabkan karena semakin mahalnya harga pupuk kimia sehingga menimbulkan permintaan terhadap pupuk organik yang semakin meningkat. Program pemupukan itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesuburan dan kegiatan biologi tanah yang dilaksanakan dengan cara menambahkan bahan organik dalam jumlah yang memadai, sehingga kebutuhan hara tanaman dapat tercukupi. Penelitian ini dilakukan di PT Tasuke di Desa Karang Asem Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui struktur biaya, penerimaan, keuntungan pada pengolahan pupuk organik tasuke, mengetahui harga pokok dan volume produksi untuk mencapai tingkat SEP. Pemilihan lokasi penelitian ini dilakukan dengan sengaja, hal ini didasarkan atas pertimbangan bahwa di PT Tasuke tersebut merupakan salah satu tempat pengolahan pupuk organik yang diberi nama tasuke yang berarti tanah subur kembali sehingga produk yang dihasilkan benar-benar organik dan tidak tercampur dengan bahan kimia. Metode analisis data yang digunakan adalah: - Analisis biaya: TC = TVC + TFC - Analisis penerimaan: TR = Pq x Q - Analisis keuntungan/pendapatan: n = TR - TC - Analisis break event point: BEPq = TC/P - Analisis break event price: BEPr = TC/Q - Analisis penetapan harga pokok: P = TC/Q Proses produksi pengolahan pupuk organik di PT Tasuke menggunakan faktor produksi berupa tenaga kerja, bahan baku, pembungkus, biaya penyusutan peralatan dan sewa bangunan dengan total biaya rata-rata yang dikeluarkan pada saaat penelitian adalah sebesar Rp 5.373.415 sedangkan untuk pendapatan rata-rata yang diterima oleh PT Tasuke adalah sebesar Rp 7.693.251. Volume produksi minimal yang harus dihasilkan oleh PT. Tasuke agar tidak mengalami kerugian adalah sebesar 3.838,15 kg. berdasarkan hasil penelitian tingkat volume produksi pengolahan pupuk organik Tasuke sudah melebihi tingkat BEP jadi pengolahan pupuk organik Tasuke menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Harga pokok yang diperoleh adalah sebesar Rp 577,01 sedangkan harga jual yang ditetapkan oleh PT. Tasuke adalah sebesar Rp 1400/kg maka PT Tasuke akan mendapatkan keuntungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:41
Last Modified: 23 Jun 2016 06:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32328

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo