UMM Institutional Repository

KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA SANTRI PENGHAFAL AL-QURAN

Ramadhan, Yoga Achmad (2011) KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA SANTRI PENGHAFAL AL-QURAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yogaachmad-21800-PENDAHUL-N.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yogaachmad-21800-BAB+I.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Kesejahteraan Psikologis merupakan suatu kondisi di mana individu mampu menerima dirinya apa adanya, mampu membentuk hubungan yang hangat dengan orang lain, memiliki kemandirian terhadap tekanan sosial, mampu mengontrol lingkungan eksternal, memiliki arti dalam hidup serta mampu merealisasikan potensi dirinya secara kontinyu. Bagi remaja yang mampu melewati dan menghadapi masalah yang dihadapi dan mampu berkompetisi mengatur lingkungan, maka akan mengarah pada kondisi psikologis yang positif dan terbentuklah kesejahteraan psikologis yang baik dalam dirinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi fenomenologis. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah para santri penghafal Al-Quran pondok pesantren kampung tilawah. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 orang yang berinisial ZN, AY, AZ, IM, dan AK. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja Santri Penghafal Al-Quran pondok pesantren kampung tilawah cukup bervariasi. Dimana subjek ZN dan AY mampu menerima diri apa adanya, mampu mengontrol hubungan yang hangat dengan orang lain, mampu mengatasi masalah secara mandiri, mampu mengontrol lingkungan agar sesuai dengan kebutuhan, memiliki tujuan dan makna hidup yang jelas, dan menyadari dan memanfaatkan potensi yang ada secara berkesinambungan. Sedangkan Subjek IM dan AZ mampu mengontrol hubungan yang hangat dengan orang lain, mampu mengatasi masalah secara mandiri, mampu mengontrol lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan, memiliki makna dan tujuan hidup yang jelas, menyadari dan memanfaatkan potensi secara berkesinambungan, namun masih kurang mampu menerima diri sendiri apa adanya, dan tidak merasakan adanya pengetahuan yang meningkat. Subjek AK mampu menciptakan hubungan yang hangat dengan orang lain, mampu mandiri dalam mengatasi masalah, mampu mengontrol lingkungan agar sesuai dengan kebutuhan, menyadari dan mampu memanfaatkan potensi secara berkesinambungan, namun belum mampu menerima diri sendiri apa adanya, dan belum menemukan tujuan hidupnya.kesejahteraan psikologis santri yang bervariasi ini, turut didukung oleh faktor usia, faktor status sosial ekonomi (kondisi perekonomian, kondisi pendidikan dan pekerjaan), faktor dukungan sosial (Pola didik sejak kecil, dan dukungan keluarga saat ini).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:08
Last Modified: 14 Jun 2016 07:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31979

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo