UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK PRASEKOLAH MELALUI METODE BERMAIN

FAUZIAH, RISMA (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK PRASEKOLAH MELALUI METODE BERMAIN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rismafauzi-21831-PENDAHUL-N.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rismafauzi-21831-BAB+I.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Melihat kenyataan yang terjadi di dunia pendidikan prasekolah, selama ini banyak pendidik yang mengajarkan membaca dengan metode tradisional, yang membuat anak menjadi cepat bosan, tidak menyenangkan dan membutuhkan waktu yang lama ketika membaca/tidak cepat. Dalam meningkatkan kemampuan membaca, metode yang dapat digunakan pun bermacam-macam namun harus sesuai dengan kebutuhan anak prasekolah. Dimana usia ini adalah usia bermain anak. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode bermain. Cara belajar yang aktif dan atraktif melalui bermain diharapkan dapat membantu anak untuk lebih lancar dalam membaca, mengenal kata baik yang berimbuhan atau pun berakhiran ataupun kata yang sudah menjadi kalimat, dan tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk mambaca. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental ulang (pretest-postest control group design), yaitu melakukan pengukuran atau observasi awal sebelum perlakuan diberikan dan setelah perlakuan diberikan pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Untuk menentukan subyek/kelompok penelitian mana yang menjadi kelompok kontrol dan eksperimen digunakan teknik penarikan sampel berupa mix randomized assignment melalui perjodohan (matching). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis uji beda (t-test) dua sampel independen (independent samples t-test) dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca pada anak prasekolah melalui metode bermain. Dimana rata-rata kemampuan membaca sebelum diberikan eksperimen sebesar: 26,46 dan setelah dilakukan eksperimen pada siswa terjadi peningkatan kemampuan membaca dengan hasil analisa sebesar: 42,62.Sehingga, metode bermain yang digunakan bisa merubah kondisi awal anak prasekolah, dari yang merasa bosan, membutuhkan waktu lama dan tidak menyenangkan menjadi tidak bosan, menyenangkan dan tidak membutuhkan waktu yang lama ketika membaca, karena usia prasekolah merupakan usia bermain, jadi metode bermain yang diberikan mempunyai kesesuaian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 05:59
Last Modified: 14 Jun 2016 05:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31954

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo