UMM Institutional Repository

FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MELATARBELAKANGI KETIDAKKAMBUHAN PADA PENDERITA SKIZOFRENIA

Gupitasari, Dian (2011) FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MELATARBELAKANGI KETIDAKKAMBUHAN PADA PENDERITA SKIZOFRENIA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-diangupita-22824-Pendahul-n.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-diangupita-22824-BAB+I.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Skizofrenia merupakan gangguan psikotik yang bersifat kronis atau kambuh ditandai dengan parahnya kekacauan pribadi, distorsi realita dan ketidakmampuan untuk berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Pasien dapat kehilangan pekerjaan, teman, dan minat, karena mereka tidak mampu berbuat sesuatu, bahkan ada pasien yang hidup menggelandang di jalan bahkan ada yang dipasung di rumah. Dalam perjalanan penyakitnya, penderita skizofrenia seringkali mengalami kekambuhan setelah selesai menjalani masa perawatan baik di Rumah Sakit maupun pengobatan non medis. Pada individu yang pernah mengalami skizofrenia dan menjalani masa pengobatannya , diperlukan motivasi yang tinggi yang berasal dari internal individu tersebut untuk meminimalisir dan mencegah kekambuhan. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui faktor-faktor internal apa saja yang melatarbelakangi ketidakkambuhan pada individu yang pernah menderita skizofrenia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semiterstruktur. Adapun subyek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 2 orang yang pernah didiagnosa skizofrenia dan telah menjalani pengobatan selama beberapa tahun serta menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam mencegah dan meminimalisir relapsnya pada setiap fase penyakitnya. Penganalisaan data menggunakan metode kualitatif dengan triangulasi sumber. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu terdapat beberapa faktor yang sama dari kedua subyek yang melatarbelakangi ketidakkambuhan dalam diri individu untuk mencegah relaps, yaitu faktor kepatuhan minum obat, kemauan untuk sering membaca dan mengumpulkan artikel seputar skizofrenia, kesediaan dan kemauan yang kuat secara rutin melakukan adaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, coping terhadap gejala skizofrenia ketika muncul, coping terhadap permasalahan yang dihadapi, ketidakputusasaan dalam menjalani pengobatan, kemauan yang kuat untuk maju dan berkembang. Sedangkan faktor internal lain yang muncul adalah kemauan yang kuat untuk mendalami ajaran agama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:09
Last Modified: 14 Jun 2016 04:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31943

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo