UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA SENSE OF HUMOR DENGAN JOB STRESS PADA PERAWAT

Prameswari, Karina (2011) HUBUNGAN ANTARA SENSE OF HUMOR DENGAN JOB STRESS PADA PERAWAT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-karinapram-22825-BAB+I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-karinapram-22825-PENDAHUL-N.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Perawat sebagai salah satu pemberi pelayanan kesehatan kepada individu, keluarga dan masyarakat dituntut untuk memberi pelayanan dengan mutu yang baik. Untuk itu dibutuhkan kecekatand anketerampilan serta kesiagaan setiap saat dari seorang perawat dalam menangani pasien. Seorang perawat diharapkan bersikap penuh perhatian dan kasih sayang terhadap pasien maupun keluarga pasien dalam melaksanakan tugasnya, namun pada kenyataannya di masa sekarang ini masih banyak dijumpai keluhan masyarakat tentang buruknya kualitas pelayanan keperawatan yang diberikan oleh perawat. Dalam menjalankan profesinya perawatrawan terhadap stress. Beberapa aspek kehidupan manusia dapat mengurangi potensi untuk berkembangnya stressor dan membantu individu mengatasi stress. Salah satunya adalah dengan berhumor. Humor merupakan salah satu cara yang digunakan perawat untuk meminimalisirkon disikerja atau situasi kerja yang penuh dengan tekanan.Oleh karena itu, sense of humor merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan karena bisa digunakan sebagai alat untuk menghilangkan perasaan tertekan yang tepat dan tentunya positif. Berdasarkan permasalahan itulah, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubung anantara sense of humor dengan job stress pada perawat. Penelitian ini adalah jenis explanatory research, populasinya adalah seluruh perawat yang bekerja di RS. Lavalette, teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel adalah 75 yang sudah sesuai dengan karakteristik perawat yang sudah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan skala yang akan dipakai untuk mengambil data. Dalam penelitian ini skala yang digunakan adalah skala sense of humor dan skala job stress. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode product moment yang perhitungannya dilakukan dengan SPSS 19.0 for windows yang akan mempermudah untuk membuat kategori tinggi dan rendah pada tiap variabel. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (r) = -4,848 (P) = 0,000 yang artinya adanya hubungan negatif dan sangat signifikan antara sense of humor dengan job stress pada perawat. Artinya bila perawat memiliki sense of humor yang tinggi maka job stressnya akan rendah dan apa bila sense of humor yang dimiliki oleh perawat rendah, job stressnya akan tinggi. Koefisien determinan variabel (r2) sense of humor dan job stress adalah 0,234. Hal ini menunjukkan sumbangan efektif sense of humor dengan job stress adalah sebesar (r2 x 100) = 23,4%. Sedangkan sisanya sebesar 76,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti yaitu keamanan, persoalan manajemen, lingkunganfisik, danergonomi tetapi tetap memiliki pengaruh yang sama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:48
Last Modified: 13 Jun 2016 07:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31937

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo