UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA CITRA DIRI DENGAN MINAT MEMBELI PRODUK SMARTPHONE

Nurmalasari, Iratanti Linda (2011) HUBUNGAN ANTARA CITRA DIRI DENGAN MINAT MEMBELI PRODUK SMARTPHONE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-iratantili-23158-BAB+I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-iratantili-23158-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Djudiyah, M.Si. (2) Zakarija Achmat, S.Psi, M.Si. Citra diri merupakan gambaran seseorang tentang dirinya. Seseorang biasanya akan berperilaku untuk mempertahankan citra dirinya melalui produk yang dibeli dan digunakan. Kepemilikan terhadap barang atau akses tertentu dapat menaikkan status sosial orang yang bersangkutan. Dalam hal ini smartphone yang sedang melanda tanah air, lebih banyak diminati karena dapat meningkatkan citra diri seseorang terutama para anak muda. Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka yang berminat untuk membeli produk smartphone, agar dapat menampilkan citra diri yang baik dan dapat diterima lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra diri dengan minat membeli produk smartphone. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dengan kriteria usia 18-21 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala citra diri dan skala minat membeli. Dan analisa data yang digunakan adalah korelasi product moment Karl Pearson dengan program SPSS versi 13.0. Hasil analisa data diperoleh nilai koefisien korelasi (r) = -0,502 dan probabilitas kesalahan (p) = 0,000 yang menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara citra diri dengan minat membeli produk smartphone. Artinya bila citra diri mahasiswa positif minat membeli produk smartphone rendah, dan bila citra diri mahasiswa negatif maka minat membeli produk smartphone tinggi. Adapun koefisien determinasi diperoleh 0,252 yang menandakan sumbangan efektif citra diri terhadap minat membeli sebesar 25,2%. Sedangkan sisanya 74,8% dipengaruhi oleh beberapa faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:20
Last Modified: 13 Jun 2016 07:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31922

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo