UMM Institutional Repository

PSIKODRAMA UNTUK MENURUNKAN TINGKAT STRES PADA SISWA AKSELERASI

Damanik, Alysa Stivanie Kania (2011) PSIKODRAMA UNTUK MENURUNKAN TINGKAT STRES PADA SISWA AKSELERASI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-alysastiva-21985-PENDAHUL-N.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-alysastiva-21985-BAB+I.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Undang-undang No. 2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 8 ayat (2) yang berbunyi: warga negara yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa berhak memperoleh perhatian khusus, menjadi landasan hukum akan perlunya pemberian perhatian khusus kepada peserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa (berbakat). Salah satu perhatian khusus yang dapat diberikan kepada peserta didik dengan kecerdasan luar biasa adalah program akselerasi. Akan tetapi, dewasa ini cukup banyak keluhan yang bermunculan dari siswa-siswa yang masuk di kelas akselerasi. Kejenuhan dan rasa tertekan atas tuntutan kurikulum akselerasi yang diterapkan merupakan salah satu penyebab stres yang mereka alami. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengajukan psikodrama sebagai salah satu bentuk terapi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Karena psikodrama memiliki faktor-faktor terapeutik yang diharapkan dapat menurunkan tingkat stres pada siswa akselerasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah psikodrama dapat digunakan untuk menurunkan tingkat stres pada siswa akselerasi. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah systematic case study. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni self report, wawancara dan observasi. Subyek penelitian yang menjadi anggota kelompok berjumlah 4 orang dari siswa akselerasi MAN 1 Malang yang memiliki tingkat stres yang tinggi yakni diatas 5 berdasarkan self report (SUDS). Sedangkan analisa data meliputi 4 bagian yaitu bagaimana kondisi sebelum diberi perlakuan psikodrama, kondisi selama proses psikodrama berlangsung, kondisi setelah diberi perlakuan psikodrama, serta yang terakhir kondisi saat sesi follow up. Hasil yang didapatkan yakni pada saat pra perlakuan hingga pasca perlakuan psikodrama dapat menurunkan tingkat stres pada keseluruhan subyek penelitian. Kemudian pada saat follow up, 2 subyek mengalami penurunan tingkat stres yang konsisten, sedangkan 1 subyek tingkat stresnya tetap dan 1 subyek lagi tingkat stresnya naik. Pada kedua subyek yang tidak mengalami penurunan tingkat stres yang konsisten tersebut, hal ini disebabkan adanya ketidaksinkronan antara latar belakang permasalahan stres subyek dengan teknik psikodrama yang telah disiapkan. Dengan demikian, maka psikodrama dapat menurunkan tingkat stres pada siswa akselerasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:33
Last Modified: 13 Jun 2016 06:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31889

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo